alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

600 Personil Polresta Balikpapan Disiagakan pada Pilkada Balikpapan

Yovanda Noni Minggu, 29 November 2020 | 15:47 WIB

600 Personil Polresta Balikpapan Disiagakan pada Pilkada Balikpapan
Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi. [foto Fatahillah Awaluddin]

Fokus pengamanan dimulai sejak H-2 Pilkada 2020. Dimana personel yang disiagakan dianggap telah menguasai situasi di lingkungan sekitar.

SuaraKaltim.id - Hari H pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan tinggal menghitung hari saja. Sejumlah persiapan dan keamanan terus dilakukan. 

Khusus bagi Polresta Balikpapan, sejak H-3 akan menyiagakan sedikitnya 600 personil yang mengamankan jalannya Pilkada 2020 di Kota Balikpapan.

Pengamanan tersebut meliputi pengamanan tertutup ataupun terbuka. Bahkan tak menutup kemungkinan personil dari Polda Kaltim serta TNI juga mengerahkan satuannya untuk pengamanan pesta demokrasi tiap lima tahun sekali ini.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi mengatakan selama masa kampanye ini kondusifitas Kota Balikpapan masih terjaga. Bahkan sejauh pemantauannya belum ditemukan adanya konflik antar kelompok di Balikpapan.

Baca Juga: Ikut Kampanye Sampai Joget-joget, Kepsek di Riau Dipenjara 4 Bulan

Namun demikian, Kombes Pol Turmudi mengaku bahwa tidak berkeinginan adanya kecolongan. Sehingga, dia mengaku akan tetap siaga demi memantau berjalannya Pilkada 2020 sesuai dengan yang diharapkan. 

"Kami bersama TNI-Polri, Satpol PP dan unsur pengamanan lain di saat hari H nanti di masing-masing TPS, Insyallah sudah siap. Pasukan juga sudah kita siapkan," ujarnya.

Lanjut Turmudi, saat hari H pelaksanaan Pilkada 2020 tiba, pengamanan yang dipastikannya sudah siap tetap akan berkordinasi dengan KPU Balikpapan, hal ini sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang dikeluarkan oleh KPU.

Kapolresta Balikpapan pun menyatakan bahwa fokus pengamanan dimulai sejak H-2 Pilkada 2020. Dimana personel yang disiagakan dianggap telah menguasai situasi di lingkungan sekitar. 

"Adapun BKO (Bawah Kendali Operasi) nanti dari Polda. Nanti kami standbykan di Polresta sebagai pasukan utuh dan tidak terpecah-pecah," jelasnya.

Baca Juga: Partai Gelora Konsolidasi Menangkan Ben-Pilar, Airin: Gaspol!

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai jumlah personel yang disiapkan pihaknya, Kombes Pol Turmudi mengatakan jika dirinya akan mengerahkan setidaknya 2/3 dari total keseluruhan anggota. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait