alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lahir di Universitas Budi Luhur, Simak Sepeda Motor Listrik BL-SEV01

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Kamis, 14 Januari 2021 | 15:50 WIB

Lahir di Universitas Budi Luhur, Simak Sepeda Motor Listrik BL-SEV01
Sepeda motor listrik BL-SEV01 perlu empat jam untuk proses recharging baterai [Dok Universitas Budi Luhur].

Turut menciptakan ekosisem kendaraan terelektrifikasi di Tanah Air, inilah BL-SEV01 dalam gaya cafe racer.

SuaraKaltim.id - Produk kendaraan terelektrifikasi, baik roda dua maupun roda empat hadir dalam desain seru. Tak terkecuali yang lahir di Universitas Budi Luhur, yaitu BL-SEV01. Bergaya cafe racer, sangat berpotensi membuat para penyuka sepeda motor sport jatuh hati.  Dengan pembuatannya ini, pihak sivitas akademika pun turut membangun ekosistem kendaraan terelektrifikasi.

Huruf depan dari BL-SEV01, yaitu BL tak lain adalah Budi Luhur. Sebuah produk yang menunjukkan semangat dari universitas kenamaan di Jakarta ini terhadap riset kendaraan listrik.

BL-SEV01 menjadi bukti nyata dan sumbangsih Universitas Budi Luhur terhadap pengembangan ilmu pengetahuan melalui riset kendaraan listrik, yang diharapkan bisa menjadi solusi akan kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan.

"Universitas Budi Luhur sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa," ungkap Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA, dalam virtual conference, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Best 5 Oto: Putra Mahkota Bikin Kota Tanpa Mobil, Ada Motor Listrik Elbike

BL-SEV01 sepeda motor listrik bergaya cafe racer dengan desain besutan Katros Garage [Dok Universitas Budi Luhur].
BL-SEV01 sepeda motor listrik bergaya cafe racer dengan desain besutan Katros Garage [Dok Universitas Budi Luhur].

"Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas," lanjutnya.

Sementara Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino menjelaskan, BL-SEV01 adalah sepeda motor yang 100 persen digerakkan listrik sebagai sumber tenaganya, serta dikembangkan civitas akademis Universitas Budi Luhur.

Selain itu, pengembangan BL-SEV01 mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu Katros Garage untuk desain kendaraan.

Baik pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul yang digunakan di BL-SEV01.

"Ketiga komponen utama sebuah motor listrik ini sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI," jelas Wendi Usino.

Baca Juga: Sepeda Motor Listrik Elbike, Karya Keren Startup Binaan PT Elnusa Tbk

Terkait spesifikasi BL-SEV01 didukung motor listrik BLDC 96 volt penghasil tenaga 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 volt 200 Ampere.

Tenaga ini mampu membawa sepeda motor melaju hingga 110 km, untuk sekali pengisian baterai, dalam waktu empat jam.

Kemudian di sektor desain, dipilih model cafe racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan performa dari BL-SEV01 yang setara sepeda motor sport 300cc.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait