alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kalimantan Selatan Dilanda Banjir, Kenali Faktor yang Bisa Jadi Penyebab

Bimo Aria Fundrika Kamis, 14 Januari 2021 | 18:03 WIB

Kalimantan Selatan Dilanda Banjir, Kenali Faktor yang Bisa Jadi Penyebab
Ilustrasi banjir. (Shutterstock)

Banjir yang terjadi menjadi pengingat di masyarakat betapa pentingnya menjaga kondisi alam agar tidak terjadi hal tersebut.

SuaraKaltim.id - Nama Kalimantan Selatan trending bersamaan dengan banjir yang terjadi di beberapa kecamatan provinsi tersebut pada Kamis (14/01/2021). Tercatat 7 kecamatan di Kabupaten Banjar terendam banjir sekitar dua meter akibat hujan yang terus-menerus.

Banjir yang terjadi menjadi pengingat di masyarakat betapa pentingnya menjaga kondisi alam agar tidak terjadi hal tersebut. Banjir merupakan salah satu bencana alam yang terjadi karena faktor alam dan manusia. Berikut terdapat faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya banjir.

Penyebab Banjir

Penyebab banjir dapat terjadi karena faktor alam dan manusia. Banjir yang disebabkan faktor alam dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain:

Baca Juga: Puluhan Santri Ponpes Terdampak Banjir Bandang Jember Dievakuasi

Penyebab alam:

Video detik-detik rumah warga tergerus air banjir. (Instagram/wargabenua)
Video detik-detik rumah warga tergerus air banjir. (Instagram/wargabenua)

1. Hujan

Hujan lebat pada dasaranya dapat ditanggung oleh sistem drainase yang ada. Namun jika tidak ada, hujan yang lebat dengan mudah menyebabkan banjir. Selain itu, tidak hanya hujan yang lebat yang dapat menyebabkan banjir. Hujan ringan yang turun selama berhari-hari juga dapat menyebabkan banjir.

2. Luapan sungai

Biasanya hujan yang terjadi dapat membuat air sungai meluap, terutama sungai yang tersumbat. Hal ini sangat dengan mudah menyebabkan banjir. Biasanya aliran sungai ini akan mengalir ke dataran rendah sehingga membuat banjir.

Baca Juga: Langkah Cepat Warga Kampung Sei Antisipasi Banjir Rob

3. Angin kencang

Angin kencang dapat membuat luapan air laut dan sungai ke darat. Hal inilah yang menyebabkan banjir. Kondisi tersebut akan lebih buruk jika angin kencang tersebut disertai dengan hujan sehingga massa air menjadi lebih banyak.

4. Salju mencair

Pada beberapa daerah yang terdapat musim dingin dan bersalju, saat perubahan musim cairan dari salju yang padat dapat menyebabkan banjir.

5.  Drainase tersumbat

Salah satu penyebab banjir yaitu drainase yang tersumbat. Hal ini menyebabkan air menggenang di darat sehingga menjadi banjir. Untuk itu sangat penting untuk mengecek drainase saat musim hujan agar air bisa mengalir denga baik.

Penyebab manusia:

1. Bendungan rusak

Biasanya manusia membuat bendingan untuk menahan air dari tempat yang tnggi. Jika bendungan rusak dapat membuat air meluap sehingga menyebabkan banjir yang besar. Untuk itu bendungan harus selalu dipantau. Jika ada kerusakan dapat segera diperbaikinya sehingga tidak berpotensi menyebabkan banjir.

2. Pembangunan baru dan pengembangan lahan

Proses pembangunan lahan biasanya akan membuat tanah untuk menyerap air semakin sedikit sehingga air menjadi tergenang. Apalagi, dalam beberapa kasus proses pembangunan tidak membuat drainase. Oleh karena itu, saat membangun sesuatu harus tetap dipikirkan daerah untuk resapan air agar tidak terjadi banjir.

3. Membuang sampah sembarangan

Membuang sampah sembarangan dapat menjadi penyebab terjadinya banjir. Sampah yang menumpuk akan menghambat aliran air sehingga menggenang dan menyebabkan banjir. Selain itu, membuang sampah sembarangan juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan bau yang tidak sedap. / Fajar Ramadhan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait