alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penyanyi Minang Ini Apresiasi Bintang Suara untuk Batu Loncatan Ketenaran

Chandra Iswinarno Senin, 18 Januari 2021 | 21:41 WIB

Penyanyi Minang Ini Apresiasi Bintang Suara untuk Batu Loncatan Ketenaran
Penyanyi minang An Roy's dukung ajang pencarian bakat tarik suara Bintang Suara. [Istimewa]

Menurut An, ajang tersebut ialah sebuah kesempatan yang sangat baik bagi kalangan milenial menyalurkan bakat di bidang tarik suara. Pencarian bakat merupakan sebuah loncatan

SuaraKaltim.id - Apresiasi ajang pencarian bakat penyanyi dangdut Bintang Suara yang digelar Suara.com bekerja sama dengan Media Musik Proaktif mendapat perhatian berbagai pihak.

Tak hanya penyanyi nasional, namun penyanyi lagu daerah yang tersohor pun juga menyampaikan dukungannya.

Kali ini, artis minang kelahiran Saniang Baka, Sumatera Barat (Sumbar), Novristian alias An Roy's mengapresiasi ajang tersebut.

Dia menilai  ajang tersebut menjadi kesempatan bagi kalangan milenial menyalurkan bakat di bidang tarik suara. Karena menurutnya, ajang pencarian bakat merupakan batu loncatan untuk meraih sebuah ketenaran.

Baca Juga: Penyanyi Minang An Roy'S Ajak Warga Sumsel Daftar Ajang Bintang Suara

"Kami mendukung penuh apabila adek-adek di minang ini yang memiliki talenta di dunia tarik suara untuk mendaftarkan diri ikut ajang Bintang Suara," kata An Roy's saat dihubungi SuaraSumbar.id melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu.

Baginya, penyanyi terkenal pada umumnya sukses merintis karier berkat kerja keras serta keikutsertaan dalam sebuah ajang tarik suara, di antaranya ajang Bintang Suara ini.

Diakuinya, kesuksesannya dalam dunia tarik suara saat ini bermula ketika sering ikut lomba.

"Saya dulunya juga sering mengikuti perlombaan seperti festival karaoke, musik jalanan berlanjutnya ke bintang radio dan sampailah dititik sekarang," katanya.

Pelantun 'Tapian Danau Cinto' itu menyarankan, bagi bagi pemuda milenial minang yang mengikuti ajang Bintang Suara, harus mempersiapkan beberapa hal, diantaranya kesehatan dan paling utama adalah latihan.

Baca Juga: Ditutup 31 Januari 2021, Rita Sugiarto Dukung Bintang Suara

"Latihan adalah paling utama. Jangan mentang-mentang sudah hafal lirik, jadi tidak perlu latihan. Makanya latihan adalah wajib selain mengutamakan kesehatan," katanya.

Kemudian dalam bernyanyi, tidak bisa hanya mengandalkan suara yang bagus. Penguasaan panggung juga penting, sebab kalau monoton tentu tidak ada sinkronisasi antara penyanyi dengan penonton.

"Selanjutnya artikulasi dalam lagu yang dibawakan itu meski perhatikan juga. Jangan sampai makna dari lagu tidak sesuai dengan ekspresi. Misalnya lagu sedih harus dibarengi dengan mimik yang sedih," imbuhnya.

An Roy's menekankan, bahwa seorang peserta lomba yang keluar sebagai pemenang belum tentu masuk dapur rekaman. Karena seorang produser musik yang dicari bukanlah prestasi semata.

"Kadang ada pesrta lomba tidak masuk tiga besar, tapi karena ada daya tarik padanya serta daya jual ada, tidak tutup kemungkinan produser akan membawanya ke dapur rekaman," ujarnya.

Begitu juga setelah seseorang itu terkenal, kebanyakan mereka lupa dasarnya dari mana. "Bukan saya mengangkat diri, Alhamdulillah sudah sekitar 26 tahun hingga sekarang saya masih bisa bertahan. Apa yang mau dibanggakan, katakanlah kita sedang tampil, tiba-tiba suara hilang. Jadi tidak perlu kita sombong dan ingat asal kita dari mana," terangnya lagi.

Terlaksananya ajang pencarian bakat Bintang Suara ini, An Roy's berharap terus berlanjut dan bagi pemuda bertalenta yang mendaftar bisa mengangkat seni budaya ranah minang ke tingkat nasional bahkan go internasional.

Syarat menjadi peserta Bintang Suara.
Syarat menjadi peserta Bintang Suara.

"Mudah-mudahan akan lahir talenta-talenta baru, berbakat yang bisa membanggakan serta mengangkat Ranah Minang dan Sumbar,umumnya," tutupnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti ajang Bintang Suara bisa langsung menuju website https://bintang.suara.com/ dan wajib mengikuti tiga syarat ini:

1. Mengisi data pribadi lengkap
2. Mengirimkan foto close up dan full badan
3. Mengirimkan sampel vokal dalam bentuk WAV, MOV, WMA, MP3, MP4, dll (durasi maksimal 60 detik).

Kesemua syarat tersebut nantinya wajib diisi dalam form yang ada di Suara.com. Selain itu, penyelenggara menjamin kerahasiaan data calon peserta yang ingin ikut ajang kali ini.

Calon peserta juga wajib memperhatikan persyaratan untuk mengikuti ajang Bintang Suara yang meliputi:

  1. Bisa menyanyi dangdut
    2. Berpenampilan menarik
    3. Usia 17 tahun sampai 30 tahun
    4. Tidak sedang terikat kontrak dengan perusahaan rekaman manapun
    5. Siap dikontrak dengan pihak Arkadia Digital Media & Media Musik ProAktif
    6. Likes dan follow media sosial Suara.com & Media Musik proAktif
    7. Ketentuan pemenang ajang Bintang Suara mutlak keputusan penyelenggara.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait