alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Teknologi Bersama Carmaker dan Industri Seluler Lahirkan Kunci Mobil

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Senin, 25 Januari 2021 | 18:21 WIB

Teknologi Bersama Carmaker dan Industri Seluler Lahirkan Kunci Mobil
Ilustrasi ponsel yang berfungsi sebagai kunci mobil (Shutterstock)

Makin banyak produsen industri seluler ciptakan fitur yang bisa membuat pengguna makin nyaman: tak perlu kunci mobil.

SuaraKaltim.id - Semakin lekatnya dunia otomotif dengan mobilitas sekaligus industri seluler dengan dunia otomotif terlihat antara lain dari penggunaan Teknologi Ultra Wideband, alias Ultra Wide Band Technology atau UWB yang siap menjadi salah satu trend baru dalam industri seluler.Salah satu fungsinya adalah untuk buka dan kunci pintu mobil.

Dan kini, semakin banyak perusahaan yang dilaporkan tertarik untuk melengkapi ponsel mereka dengan fitur yang mampu membuka pintu mobil ini.

Mengutip Autoevolution, saat ini para pelaku di industri seluler seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo sudah merencanakan peningkatan UWB untuk ponsel flagship mereka.

UWB sendiri adalah teknologi yang mampu membuka kunci pintu hanya mengandalkan smartphone. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan Apple dengan nama Car Key Apple, dan dapat diakses para pengguna iPhone.

Baca Juga: Teknologi Seru, Smartphone Gantikan Kunci Mobil

iPhone pairing dengan BMW seri 5 [Dok BMW via ANTARA].
iPhone pairing dengan BMW seri 5 [Dok BMW ].

Sesuai namanya, pemilik kendaraan bisa membuka kunci pintu dan menghidupkan mobil pakai ponsel Apple yang sudah mereka daftarkan.

Melansir TheVerge, Car Key Apple bekerja dengan cara memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk membuka kunci dengan cara mendekatkan handphone ke bagian handle pintu.

Untuk memanfaatkan teknologi ini, pengguna harus melakukan konfirmasi melalui Face ID, Touch ID, atau mengaktifkan Express Mode agar bisa melewati biometric authentication dan mendapatkan akses.

Selebihnya, saat berada di dalam kabin, pengguna hanya perlu mengaktifkan mobil seperti biasa dengan menekan tombol untuk menyalakan mesin.

Baca Juga: iPhone Pairing Mobil BMW, Jadinya Tak Perlu Kunci Buat Buka Pintu

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait