alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Biar Tetap Percaya Diri, Ini Tips Mencegah Bau Mulut selama Puasa Ramadan

Yasinta Rahmawati Sabtu, 24 April 2021 | 19:00 WIB

Biar Tetap Percaya Diri, Ini Tips Mencegah Bau Mulut selama Puasa Ramadan
Ilustrasi bau mulut [shutterstock]

Berikut cara mencegah bau mulut karena puasa.

SuaraKaltim.id - Tidak makan dan minum untuk waktu yang lama saat puasa tentu berdampak pada jumlah air liur yang kita hasilkan, di mana akan secara langsung terkait dengan timbulnya bau mulut

Air liur ini berperan penting dalam mengurangi pertumbuhan bakteri. Selama puasa, aliran air liur akan berkurang. Karenanya, perlindungan terhadap bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut pun berkurang.

Sebenarnya bau mulut saat menjalankan ibadah puasa adalah hal yang normal, meskipun tidak semua orang akan mengalami efek samping ini.

Namun bagi yang mengalaminya, ketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah bau mulut selama puasa terjadi. Berikut dirangkum dari The National News:

Baca Juga: Dokter Buka Puasa saat Operasi Pasien, Salat di Tangga Masjid

1. Hidrasi

Minum air yang cukup saat buka puasa sangatlah penting. Hal ini tidak hanya dapat membuat Anda terhidrasi antara matahari terbit dan terbenam, tetapi juga membantu mencegah bau mulut.

Dr Rumana Abbas Dawasaz, seorang dokter gigi estetika dan kosmetik dari Rumah Sakit Zulekha di Dubai, mengatakan bahwa menghindari kafein, garam berlebih, dan makanan lain yang menyebabkan dehidrasi akan membantu, baik saat berpuasa maupun untuk tujuan kebersihan mulut.

Ilustrasi. (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (sumber: Shutterstock)

2. Jangan langsung sikat gigi setelah makan

Direkomendasikan untuk menunggu selama 30 hingga 60 menit setelah makan sebelum sikat gigi. Pasalnya, setelah kita makan, kadar asam di mulut meningkat dan gigi kita berada pada kondisi paling lemah.

Baca Juga: Ide Menu Buka Puasa Sehat Tanpa Gorengan, Yuk Dicoba!

"Menyikat pada tahap ini bisa menyebabkan kerusakan yang cukup besar pada enamel gigi. Menunggu akan memungkinkan air liur menetralkan lingkungan mulut dan membantu pemulihan dari asam," ujar Dr Maisa Zobeidi, seorang dokter gigi di Rumah Sakit Zulekha di Sharjah.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait