alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lakukan Ini agar Dipertemukan dengan Ramadhan Tahun Depan

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 12 Mei 2021 | 15:35 WIB

Lakukan Ini agar Dipertemukan dengan Ramadhan Tahun Depan
ILUSTRASI berdoa. [DW]

Tak seorangpun yang dapat memastikan dirinya bakal kembali berjumpa dengan bulan suci Ramadhan tahun depan.

SuaraKaltim.id - Hari ini, Rabu (12/5/2021) merupakan hari terakhir di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah. Sebagian umat Islam tengah bergembira menyambut hari raya Idul Fitri. Namun tak sedikit juga yang terus berdoa agar bisa kembali dipertemukan dengan Ramadhan tahun depan.

Sebab, tak seorangpun yang dapat memastikan dirinya bakal kembali berjumpa dengan bulan suci Ramadhan tahun depan. Sebuah bulan yang mulia, di mana di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

"Kita entah ketemu lagi entah tidak, hanya Allah Yang Mahatahu," kata Pengasuh Ponpes Tahfizul Qur'an dan Ilmu Hadist Padang, Sumatra Barat, K.H. Zulkifli Ahmad Jundim, saat menyampaikan tausiyah.

Menurut K.H. Zulkifli, ada enam amalan sebelum Ramadan pergi berlalu.

Baca Juga: Sunnah Hari Raya Idul Fitri, Mudah Dilaksanakan Sebelum Berangkat Salat

1. Sedekah
Bersedekah bisa kepada siapa saja setiap siang dan malam hari dalam keadaan susah maupun lapang. Minimal Rp 1.000 terutama dalam 10 malam terakhir ini sehingga apabila Lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan kita menyedekahkan sebanyak Rp 1.000 selama 84 tahun atau Rp 1.000 x 365 hari x 84 tahun.

2. Salat Sunah
Kerjakanlah salat sunah minimal dua rakaat tiap malam sehingga jika Lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir maka sama dengan kita shalat dua rakaat selama 84 tahun atau dua rakaat x 365 hari x 84 tahun.

3. Menghafal doa malam Lailatul Qodar
Hafalkanlah doa malam Lailatul Qadar yang diajarkan oleh baginda Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wasallam ini: ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN, TUHIBBUL ‘AFWA FA’ FU’ANNI (Ya Allah, Engkau maha pengampun dan menyukai pengampunan, maka ampunilah aku).

4. Membangunkan keluarga
Jangan lupa membangunkan keluarga untuk salat malam. Karena Baginda Nabi Muhammad senantiasa membangunkan istrinya pada malam-malam ini. Anak-anak pun bisa diajak beribadah untuk beberapa saat, walau mungkin tidak semua orang dewasa. "Semangati dan berilah motivasi pada diri mereka," katanya.

5. Jangan banyak makan
Jagalah perut agar tidak terlalu kenyang dan tidurlah segera setelah Isya dan tarawih sekadar untuk menyegarkan diri. Lalu bangunlah untuk mendirikan sholat malam.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Bagikan Ucapan Idul Fitri Bareng Istri

6. Doa
Seluruh ibadah di bulan Ramadan ini bukanlah ajang untuk pasang status (misalnya : “Alhamdulillaah, nikmatnya bermunajat kepada-Nya malam ini” dsb.) di Facebook atau media sosial lainnya. Biarlah itu jadi rahasia indah antara engkau dengan Allah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait