alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Isran Noor Masuk Tiga Kandidat Capres Potensial 2024 dari Indonesia Timur

Chandra Iswinarno Senin, 17 Mei 2021 | 20:04 WIB

Isran Noor Masuk Tiga Kandidat Capres Potensial 2024 dari Indonesia Timur
Gubernur Kaltim Isran Noor. [Suara.com/Tuntun Siallagan]

Nama Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor masuk dalam tiga besar calon presiden (capres) potensial dari unsur kepala daerah wilayah Indonesia Timur.

SuaraKaltim.id - Nama Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor masuk dalam tiga besar calon presiden (capres) potensial dari unsur kepala daerah wilayah Indonesia Timur.

Hal tersebut merujuk pada hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) pada periode 10 April hingga 19 April 2021.

Hasil survei KedaiKopi menempatkan Gubernur Kaltim Isran Noor di urutan ketiga sebagai kepala daerah yang layak menjadi capres 2024 dari Indonesia Timur.

Pada kategori tersebut, nama Isran Noor berada di bawah Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah yang berada pada urutan pertama dengan prosentase 20,8 persen dan Gubernur Bali I Wayan Koster dengan prosentase 15,2 persen.

Baca Juga: Tanggapi Hasil Survei Capres 2024, Arief Poyuono: Pemain Ketoprak Semua

Sedangkan untuk kategori kepala daerah dari Indonesia Barat yang layak menjadi calon presiden, yakni Gubernur Jakarta Anies Baswedan dengan prosentase 38,2 persen.

Kemudian, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo 29,0 persen, Gubernur Jabar Ridwan Kamil 21,0 persen, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa 9,6 persen, dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah 2,2 persen.

Dilansir dari Kaltimtoday.co-jaringan Suara.com, Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo mengungkapkan, kombinasi ideal capres-cawapres pilihan masyarakat yakni kombinasi militer dan sipil menjadi pilihan utama sebesar 41,0 persen.

Sedangkan kombinasi sipil-militer 25,2 persen, sipil-sipil 22,1 persen, dan militer-militer 11,7 persen.

Sementara itu, Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio mengungkapkan, berdasarkan hasil survei tersebut menandakan ada tokoh dari Indonesia Timur di Pilpres 2024, terutama setelah kehadiran Jusuf Kalla di pilpres-pilpres sebelumnya.

“Minimal sebagai calon wakil presiden. Mengacu hasil survei yang banyak menginginkan kombinasi militer-sipil atau sipil-sipil, sangat mungkin nama seperti Zulkiflimansyah atau tokoh masyarakat lain seperti Abraham Samad dan TGB Zainul Majdi muncul sebagai kandidat kuat cawapres yang datang dari Timur Indonesia,” ungkap Hendri.

Baca Juga: Eks Golkar Bikin Komunitas Milenial Dukung Anies Baswedan Capres 2024

Untuk diketahui, Survei Peluang dari Timur menggunakan metode face to face interview kepada 1.215 responden yang berada di 34 provinsi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait