alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Densus 88 Antiteror Tangkap 123 Teroris, Polri Minta Masyarakat Waspadai Kelompok JI

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 20 Agustus 2021 | 22:23 WIB

Densus 88 Antiteror Tangkap 123 Teroris, Polri Minta Masyarakat Waspadai Kelompok JI
Densus 88 Antiteror menangkap seorang penjual ikan asin yang diduga kawanan teroris di Padangsidempuan. [Digtara.com]

Polri meminta masyarakat mewaspadai kelompok Jamaah Islamiyah (JI), kelompok teroris itu sangat lihai berbaur dengan masyarakat.

SuaraKaltim.id - Penangkapan kelompok terduga teroris belakangan ini semakin masif dilakukan oleh Densus 88 Antiteror. Para terduga teroris diamankan menjelan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. 

Densus 88 Antiteror menilai jaringan terduga teroris Jamaah Islamiyah (JI) sangat lihai dalam berbaur dengan masyarakat. Densus 88 meminta masyarakat waspada karena jaringan JI dapat dengan mudah menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Sejak 2019 hingga kini, Densus 88 Antiteror telah menangkap 123 orang terduga jaringan teroris JI.

“Kami mengingatkan bahwa JI sangat lihai menyesuaikan dengan kondisi keadaan yang ada. Mungkin [mereka] ikut berpolitik juga, menyusup ke dalam masyarakat,” ungkap Kabag Bantuan Operasi Densus 88, Kombes Pol. Aswin Siregar, dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga: Buru Buronan Teroris Poso, Kapolda Sulteng Keliling Hutan hingga Gunung Pakai Helikopter

Kemudian, di masyarakat, para teroris jaringan JI ini menggunakan cara-cara yang terlihat damai. Bahkan mereka menggunakan cara-cara agamis agar tidak dilihat sebagai teroris.

“Kemudian menggunakan cara-cara yang terlihat damai dan aman, seperti menggunakan kotak amal, menggunakan tablig untuk kumpulkan dana, dan sebagainya,” kata Aswin.

Aswin juga menjelaskan pada 2019 telah dilakukan penangkapan terhadap 25 anggota teroris jaringan JI. Sedangkan pada 2020 terdapat 64 anggota teroris jaringan JI dan pada 2021 ditangkap 53 anggota teroris jaringan JI ini.

Teror HUT RI

“Tapi dari jumlah penangkapan yang banyak tadi, jenderal kita harus tetap waspada dan tetap istilahnya menjaga keamanan di wilayah kita masing-masing,” ungkapnya.

Baca Juga: Polri Sebut Masih Ada Dua Terduga Teroris di Jatim Diburu Densus 88

Densus 88 menangkap 53 orang terduga teroris selama medio Agustus 2021 atau menjelang HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Polri menyebut mereka hendak melakukan teror ke pemerintah saat perayaan Hari Kemerdekaan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait