alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dapat Kiriman Air dari Long Kali, Dua Desa di Kecamatan Babulu di PPU Terendam Banjir

Denada S Putri Minggu, 10 Oktober 2021 | 17:12 WIB

Dapat Kiriman Air dari Long Kali, Dua Desa di Kecamatan Babulu di PPU Terendam Banjir
Banjir merendam pemukiman warga di Desa Sumber Sari, Kecamatan Babulu. [kaltimtoday.co]

Di Desa Sumber Sari, air merendam 600 hektar area persawahan. Di Desa Gunung Mulia, air merendam 200 hektare area persawahan.

SuaraKaltim.id - Desa Sumber Sari dan Desa Gunung Mulia, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kini terendam banjir. Hal itu disebabkan oleh kiriman air dari Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser.

Di Desa Sumber Sari, air memasuki area pemukiman warga RT 8, 9, dan 10 pada Sabtu, (9/10/2021). Air merendam lebih dari 600 hektar area persawahan yang terdapat kurang lebih 50 hektare lahan pertanian, dengan  tanaman produktif yang terdiri dari tanaman buah semangka, sayur mayur dan lombok.

Selain itu, terdapat satu jembatan usaha tani yang hampir ambruk akibat derasnya arus air. Di Desa Gunung Mulia, air merendam 200 hektare lebih area persawahan yang di dalamnya terdapat lebih dari 4 hektare lahan pertanian.

Peningkatan Tinggi Muka Air (TMA) di area perbatasan Desa Sebakung Lima, Kecamatan Long Kali dengan Desa Sumber Sari terpantau sejak Kamis, (7/10/2021). Saat itu, air melebar ke area Persawahan Desa Gunung Mulia.

Baca Juga: Miris, Mati Listrik dari Pagi-Malam, Perjuangan Warga Paser Cari Sinyal saat Banjir Viral

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Longkali  terendam banjir sejak tiga hari yang lalu. Debit air dan TMA terus meningkat, pada Jumat, (8/10/2021) air mulai menggenangi badan jalan dan area persawahan Desa Sumber Sari. 

Tim gabungan yang terdiri dari Camat Babulu, BPBD PPU, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Aparat Desa Sumber Sari, Aparat Desa Gunung Mulia, Satpol PP Kecamatan Babulu, serta Relawan Destana sedang bersiaga dan terus melakukan pemantauan.

“Kami memberikan himbauan kepada masyarakat untuk terus siaga dan berhati-hati jika terjadi peningkatan debit air. Kami juga sudah menyiapkan perlengkapan dan peralatan evakuasi jika sewaktu waktu dibutuhkan oleh warga di kedua desa tersebut,” kata Margono, Camat Babulu, dikutip dari kaltimtoday.co--Jaringan Suara.com, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait