alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sosok Heldy Djafar di Mata Meiliana: Orang yang Rendah Hati, Suka Wisata Kuliner

Denada S Putri Jum'at, 15 Oktober 2021 | 07:40 WIB

Sosok Heldy Djafar di Mata Meiliana: Orang yang Rendah Hati, Suka Wisata Kuliner
Potret kenangan Meiliana bersama Almarhumah Heldy Djafar saat berada di sebuah pesta pernikahan anak dari Meiliana. [Istimewa]

Almarhumah Heldy Djafar mengatakan bahwa Sang Proklamator adalah pria yang penuh dengan kasih sayang.

SuaraKaltim.id - Kabar duka datang dari istri terakhir Presiden Republik Indonesia ke-1 Soekarno, Heldy Djafar. Wanita asal Kalimantan Timur (Kaltim) itu meninggal pada hari Selasa (12/10/2021) lalu. Heldy menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 74 Tahun, di rumah sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Sekitar pukul 10.00 Wib.

Wanita cantik yang rendah hati itu lahir pada 11 Juni 1947, di Kutai Kertanegara (Kukar). Kisahnya kini menjadi sejarah tersendiri bagi Indonesia, khususnya Kaltim.

Seperti yang dilakukan Meiliana. Dia merupakan salah satu keluarga dari almarhaumah Heldy Djafar. Dirinya membenarkan bahwa dulunya almarhumah merupakan istri ke-9 dari Presiden Soekarno.

“Saya pernah tanya ke almarhum, 'selama menjadi istri Bung Karno apa sih yang berkesan bagi Tante?' Dia jawab, 'Bung Karno itu penyayang'. Saat Soekarno sakit, dia pernah bilang ke tante saya (Heldy Djafar) 'Dinda kalau saya sudah nggak ada kamu kawin lagi saja', itu kata Soekarno ke tante saya,” ungkapnya saat disambangi di kantor gubernur Provinsi Kaltim. Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Heldy Djafar, Istri ke-9 Presiden Soekarno Wafat

Dimata Meiliana, seorang Heldy Djafar merupakan wanita yang humble dan selalu ceria. Bahkan walaupun Heldy Djafar merupakan istri dari seorang Presiden RI, beliau tidak pernah sombong. 

“Saya tanya ke beliau, umurnya berapa tante waktu dinikahin pak Presiden? Dia jawab itu umur tante itu baru 20 tahun. Jadi kalau dihitung yang beliau sudah 70 an lah. Tapi masih cantik beliau itu, tapi memang cantik dari dulu sih. Waktu masih muda aja sudah cantik,” ucapnya.

Mantan PJ Sekdaprov Kaltim tersebut mengatakan, Heldy Djafar merupakan seorang wanita yang doyan melakukan wisata kuliner. Terbukti, setiap Heldy Djafar berkunjung ke Samarinda, dirinya selalu mengajak Meiliana untuk berwisata kuliner khas Kota Tepian.

“Jadi kalau beliau kesini, pasti saya diajak makan terus sama beliau. Beliau sering ngajak 'ayo nah makan hidangan ikan patin'. Saya bawa saja beliau ke salah satu resto yang menyajikan makanan patin, apalagi kalau ada makanan mandai, beliau itu senang betul. Pokoknya yang khas Kaltim selalu mau dibawa pulang ke Jakarta,” jelasnya.

Rencana, Meiliana akan terbang ke Jakarta untuk melakukan rapat di kedutaan. Dan nantinya dirinya juga akan langsung mengunjungi pemakaman Heldy Djafar yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta.

Baca Juga: Cucu Ungkap Soekarno Meninggal karena Dibunuh, Sejarawan Beberkan Fakta Ini

“Insyaallah, kalau sempat, habis rapat nanti saya akan langsung ziarah ke makam beliau, kan dekat aja itu, atau nanti saya minta temani anak beliau untuk menemani,” pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait