alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Beri Usulan Adanya Pembangunan Museum Wartawan

Denada S Putri Jum'at, 14 Januari 2022 | 21:51 WIB

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Beri Usulan Adanya Pembangunan Museum Wartawan
Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. [ANTARA]

"Semoga segera terwujud..."

SuaraKaltim.id - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Wagub Kaltim) Hadi Mulyadi mengusulkan adanya pembangunan museum wartawan. Hal itu katanya, sebagai apresiasi kepada para jurnalis dalam mendukung pembangunan daerah, khususnya Bumi Mulawarman.

"Saya usul bagaimana Kaltim ini bisa memiliki museum wartawan," katanya melansir dari ANTARA, Jumat (14/1/2022).

Menurut orang nomor dua di Kaltim ini, memiliki sejarah perjuangan hingga masa kemerdekaan dan pembangunan saat ini yang didokumentasi para wartawan, merupakan hal yang sangat berarti.

Karenanya, tidak salah jika Kaltim selayaknya memiliki museum yang akan mengoleksi tentang kewartawanan. Baik dalam perjuangan, maupun pemberitaan.

Baca Juga: AJI Sebut Pembakaran Rumah Wartawan Aceh karena Pemberitaan

"Saya yakin Bapak-Bapak yang hadir ini, para tokoh dan teman-teman wartawan senior sepakat kalau Kaltim memiliki museum wartawan," ungkapnya.

Ia mencontohkan, misalnya, museum akan mengoleksi berita-berita tentang perjuangan hingga pembangunan Kaltim pada masa kini. Termasuk peralatan peliputan seperti alat perekam, kamera, hingga peralatan mencetak koran serta koran-koran pada waktu itu hingga saat ini.

"Pasti ada koran-koran lokal Kaltim yang terbit saat jaman perjuangan hingga pembangunan sampai saat ini, termasuk media nasional yang memberitakan daerah kita," ujar mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini.

Kembali ia berharap, para wartawan Kaltim, khususnya para tokoh pers dan wartawan senior untuk membicarakan usulan dirinya untuk merealisasikan pembangunan museum wartawan.

"Semoga segera terwujud, sehingga bukti sejarah bagi anak cucu kita, bagaimana perkembangan media massa (koran) dan peran wartawan memberitakannya sejak jaman perjuangan hingga kini," harapnya.

Baca Juga: Organisasi Pers Minta Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan Aceh Dihukum Berat

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait