facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tan Paulin, Ratu Batu Bara di Kaltim, Pernah Dilaporkan Tapi Tak Ditangkap, Sempat Mengaku Tak Punya Tambang

Denada S Putri | Mohammad Fadil Djailani Minggu, 16 Januari 2022 | 20:56 WIB

Tan Paulin, Ratu Batu Bara di Kaltim, Pernah Dilaporkan Tapi Tak Ditangkap, Sempat Mengaku Tak Punya Tambang
Ilustrasi aktivitas tambang batu bara. [kaltimtoday.co]

"Tan Paulin namanya. Saya bilang tangkap orang ini, siapa yang melindungi orang ini."

SuaraKaltim.id - Cerita Tan Paulin masih bergaung dimana-mana. Namanya mulai dikenal pasca disebut-sebut pada rapat kerja, antara Komisi VII DPR RI dan Menteri ESDM Arifin Tasrif pekan lalu.

Dirinya disebut sebagai ratu batu bara di Bumi Mulawarman. Bermula dari anggota Komisi VII DPR RI, Muhammad yasir yang mengatakan bahwa pengawasan tambang yang dilakukan pemerintah selama ini tak berada dalam koridor yang benar.

Pasalnya, banyak batu bara yang disebutnya sudah dicuri. Lalu, para pencuri batu bara tersebut dibiarkan begitu saja oleh pemerintah.

"Masalah pengawasan tambang juga, saya enggak tahu inspektur ini di mana, batu kita hilang terus, dan sampai ada disebut-sebut ratu batu bara, tapi nggak ditangkap-tangkap ini orang," katanya di dalam rapat, di mana video tersebut viral, dikutip Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Jembatan Pulau Balang, Sudah Rampung Tapi Masih Bambung, Hamdam Pongrewa: Hampir Setahun

Dari sini lah nama Tan Paulin disebutkan. Kemudian, tuduhan tidak adanya laporan dari ESDM ke DPR RI juga terjadi.

"Ada namanya siapa tadi, ini produksinya 1 juta 1 bulan, siapa orang ini, tapi enggak ada laporan ESDM ke kita, Tan Paulin namanya. Saya bilang tangkap orang ini, siapa yang melindungi orang ini," kata Politisi Partai Demokrat itu.

Beberapa kabar tentang Tan Paulin pun mulai ramai dikupas oleh media. Terakhir dirinya membantah kabar yang beredar soal penyebutan dia sebagai Ratu Bara di Kaltim.

Tapi, fakta lain ditemukan. Wanita yang bersuamikan seorang pengusaha bernama Irwantono Sentosa itu ternyata pernah terseret kasus pertambangan ilegal di Benua Etam.

Rekan Tan Paulin Ditangkap, Dia Bebas Padahal Sudah Dilaporkan

Baca Juga: Geger! Disebut-sebut Ratu Batu Bara di Kalimantan Timur, Siapa Sosok Tan Paulin?

Awal mulanya, saat pemerintah mulai gencar melakukan pengawasan praktik tambang ilegal di Kaltim. Dalam kasusnya tersebut rekan Tan Paulin, H Abidinsyah telah ditangkap oleh Bareskrim Mabes Polri. Sementara Donny Sugiarto Lauwani hingga kini berhasil melarikan diri dan masuk dalam buron interpol serta masuk dalam Daftar Pencarian Orang Mabes Polri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait