facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kecelakaan Maut Balikpapan, Cara Mengatasi Rem Blong Mobil, Lengkap dengan Penyebab yang Tak Bisa Disepelekan

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 21 Januari 2022 | 14:01 WIB

Kecelakaan Maut Balikpapan, Cara Mengatasi Rem Blong Mobil, Lengkap dengan Penyebab yang Tak Bisa Disepelekan
Viral CCTV Detik-detik Kecelakaan Maut di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) . (Twitter/@e81n)

Salah satunya cara mengatasi rem blong pada mobil. Sebab banyak kecelakaan fatal yang diakibatkan oleh rem blong.

SuaraKaltim.id - Kecelakaan maut Balikpapan menjadi pelajaran untuk kita semua dalam berkendara. Salah satunya cara mengatasi rem blong pada mobil. Sebab banyak kecelakaan fatal yang diakibatkan oleh rem blong.

Rem blong adalah disfungsi rem yang menyebabkan sistem pengereman tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Berikut cara mengatasi rem blong dikutip dari Hops:

1. Terus memompa rem

Baca Juga: Keterangan Sopir Terungkap, Truck Bermuatan 20 Ton Sebabkan Laka Maut di Turunan Muara Rapa Balikpapan

Jika saat mengendarai mobil diketahui bahwa rem mendadak blong, langkah yang bisa diambil adalah terus memompanya. Rem harus terus dipompa agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala.

2. Menurunkan gigi transmisi

Cara sebelumnya adalah yang paling mudah untuk mengatasi rem blong. Namun, jika cara pertama tidak berhasil maka turunkan gigi transmisinya. Manfaatkanlah efek dari engine brake dengan menurunkan gigi transmisi.

3. Gunakan rem tangan

Jika cara pertama dan kedua masih gagal, bisa dipergunakan rem tangan. Harus ekstra hati-hati ketika hendak melakukannya. Ketika akan mengerem, lakukanlah secara perlahan. Caranya tarik rem tangan secara hati-hati dan rasakan gigitannya di bagian caliper roda.

Baca Juga: Satu Keluarga Naik Ayla Jadi Korban Kecelakaan Maut Balikpapan, Ibu Tewas, Bapak Kritis dan Anak Selamat

4. Tekan tombol lampu hazard dan klakson

Sebenarnya, jika mobil mendadak mengalami rem blong, yang perlu dilakukan adalah langsung tekan klakson dan nyalakan lampu hazard. Cara ini dilakukan untuk memberi sinyal kepada kendaraan lain agar tahu bahwa rem mobil yang dikendarai sedang blong. Pastikan mengatasi semuanya dalam keadaan tenang.

5. Jangan langsung mematikan mesin

Ketika mengetahui bahwa keadaan rem mobil atau sedang tidak berfungsi, maka jangan langsung mematikan mesin. Jika hal itu dilakukan, maka akan menyulitkan mobil untuk terus melaju.

6. Mengguncang bagian pedal rem

Perlu dicoba untuk mengguncang bagian pedal rem ketika mendadak blong. Tapi perlu diingat, jangan menginjaknya. Cukup guncang pedalnya secara perlahan sampai rem kembali ke kondisi semula.

Cara merawat rem blong

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa rem mobil bisa mendadak blong. Salah satunya adalah jarang melakukan perawatan.

Perlu diketahui bahwa adanya gangguan pada sistem kendaraan bisa menyebabkan rem mobil menjadi blong. Untuk itu agar bisa tahu apakah ada gangguan atau tidak bisa dilakukan pengecekan.

1. Kekurangan minyak rem

Penyebab lain rem blong adalah mobil kekurangan minyak rem. Kurangnya minyak rem memang akan menyebabkan rem menjadi sulit dikendalikan. Jika kekurangan minyak rem, maka mobil akan terus melaju dan sulit berhenti.

2. Faktor uap air

Faktor lain penyebab dari rem blong adalah masuknya udara ke dalam sistem pengereman yang memunculkan uap air. Uap air dihasilkan dari proses oksidasi yang dapat mengganggu sistem pengereman pada mobil.

3. Kualitas minyak rem

Ketika membeli minyak rem, pastikan yang dibeli memiliki kualitas bagus dan asli. Jangan asal memilih, karena dikhawatirkan produk tersebut sudah kadaluarsa atau palsu.

4. Terlalu sering menginjak pedal dalam waktu yang lama

Terus menerus menginjak pedal rem dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan blong. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya gesek antara kaki dengan pedal secara terus menerus dan mengakibatkan kaliper panas. Kaliper yang panas inilah yang bisa membuat rem menjadi blong.

Demikian informasi cara mengatasi rem blong mobil belajar dari kecelakaan maut Balikpapan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait