facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ibu Cantik Berbaju Adat Kalimantan Siap Panggil Pasukan, Tantang Penyebut 'Jin Buang Anak' Edy Mulyadi

Denada S Putri Rabu, 26 Januari 2022 | 08:00 WIB

Ibu Cantik Berbaju Adat Kalimantan Siap Panggil Pasukan, Tantang Penyebut 'Jin Buang Anak' Edy Mulyadi
Tangkapan layar video. [Twitter/@RonaldLampard8]

Uwe-uwe Kalimantan, kumpul kita. Amak-amak Kalimantan tunjukkan kita siapa."

SuaraKaltim.id - Pernyataan kontroversial bekas calon legislatif Partai Keadilan Sejahtera (Caleg PKS) Edy Mulyadi, bikin dongkol berbagai lapisan masyarakat. Pria yang menyebut dirinya jurnalis senior Forum News Network (FNN) itu, diduga melakukan penghinaan kepada warga Kalimantan

Ia menyebut Kalimantan sebagai tempat jin membuang anak. Akibat perkataan itu, dirinya memantik amarah masyarakat di Tanah Borneo, tak terkecuali kaum wanita.

Sebagaimana yang dilihat dalam sebuah video singkat yang diunggah akun twitter @RonaldLampard8 Selasa (25/1/2022), seorang wanita  Kalimantan mengirim pesan berupa ancaman kepada mantan caleg PKS di 2019 lalu itu. Wanita itu mengingatkan Edy, bahwa perempuan Kalimantan juga bisa menggunakan Mandau.

Mandau sendiri merupakan senjata tajam sejenis parang yang berasal dari kebudayaan Dayak di Kalimantan. Mandau itu masuk ke dalam salah satu senjata tradisional Indonesia, yang penggunaanya secara umum dimulai pada abad 17 - 18 lalu.

Baca Juga: Sikapi Pernyataan Edy Mulyadi, Sanksi Tegas dari Remaong Koetai Berjaya: Hukum dan Denda Adat Harus Berjalan!

“Kau pikir uwe (wanita) Kalimantan tahunya menari saja, kami juga tahu caranya pegang Mandau (parang khas Kalimantan),” katanya, melansir dari wartaekonomi.co.id--Jaringan Suara.com, Rabu (26/1/2022).

Wanita yang tidak diketahui namanya itu terus berbicara dengan nada tinggi. Dia kemudian meminta seluruh wanita Kalimantan bersatu melawan Edy Mulyadi. Sebab pernyataannya itu dianggap menghina kaum wanita Kalimantan.

“Uwe-uwe Kalimantan, kumpul kita. Amak-amak (ibu-ibu) Kalimantan tunjukkan kita siapa. Pikirannya anak yang lahir dari rahim kami ini anak jin, semena-mena kau bilang yah, Kalimantan ini tempat jin buang anak,” tuturnya. 

“Kau kira kami ini apa! Kau kira anak yang kami lahirkan anak monyet semua? Macam-macam kau sama uwe-uwe Kalimantan hah!,” sambungnya menambahkan.

Lebih lanjut, wanita itu menegaskan kepada Edy Mulyadi, jangan membuat sakit hati perempuan Kalimantan lantaran mereka juga tahu cara memegang parang.

Baca Juga: Husin Shihab Sebut Masyarakat Dayak Kalimantan Menolak Permintaan Maaf Edy Mulyadi

“Kami ini tahu cara pegang parang kayak bagaimana. Jangan kau bikin sakit hati uwe-uwe Kalimantan,” tandasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait