facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Beragam Manfaat Bunga Telang, Mulai Lawan Jerawat sampai Kesehatan Otak

Pebriansyah Ariefana Rabu, 16 Maret 2022 | 16:52 WIB

Beragam Manfaat Bunga Telang, Mulai Lawan Jerawat sampai Kesehatan Otak
Ilustrasi bunga telang (instagram/@retno_setianing)

Bunga Telang dikenal sebagai bunga hias yang memiliki warna tak biasa. Ketika bunga lain lebih dominan berwarna merah dan kuning, bunga telang hadir dengan warna biru tua.

SuaraKaltim.id - Berikut ini manfaat Bunga Telang. Bunga-bunga cantik yang bermekaran kerap memperindah rumah. Bentuknya rupa-rupa berwarna-warni sehingga bisa juga dijadikan sebagai hiasan.

Namun ada juga bunga yang berfungsi selain untuk mempercantik pekarangan, mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kesehatan.

Salah satunya adalah bunga Telang. Bagaimana bentuk bunga telang,  apa manfaatnya bagi kesehatan? berikut penjelasannya:

Bunga telang umumnya ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang atau ungu.

Baca Juga: Selain untuk Aromaterapi, Ini 8 Khasiat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Kembang telang ini merupakan kata serapan dari bahasa Jawa yang merupakan tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan.

Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional serta pewarna makanan atau minuman seperti wedang telang dan nasi telang.

Bunga telang mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan, di antaranya flavanol glikosida, antosinan, flavon, flavonol, asam fenolat, terpenoid, alkaloid, peptisida,  siklik dan siktolida.

  • Manfaat bunga telang:
  • Memelihara Kesehatan Otak

Bunga telang mengandung antioksidan seperti flavonoid dan antosianin yang baik untuk memperbaik sel-sel tubuh termasuk saraf.

Beberapa riset menunjukan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Baca Juga: 15 Individu Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldi Mekar di Agam

Antioksidan dalam kandungan bunga telang mampu mencegah terjadinya dimensia atau pikun yang parah.

-          Meringankan Alergi

Suatu penelitian menyebutkan bahwa esktrak bunga telang dapat mengurangi jumlah zat histamine yaitu zat yang yang menimbulkan peradangan ketika tubuh terpapar alergi.

-          Mengobati Diare

Sebuah studi laboratorium menunjukan bahwa ekstrak bunga telang dapat meredakan gejala diare berkat kandungan antiradang dan antibakteri didalamnya.

-          Menurunkan Gula Darah

Karena bunag telang banyak mengandung zat antioksidan sehingga baik untuk mencegah terjadinya resisitensi ulin yang dapat memicu diabetes

Selain bermanfaat bagi kesehatan, bunga telang juga bermanfaat untuk kecantikan diantaranya:

·         Mencegah Penuaan Dini

Penelitian Zakaria pada 2018 telah membuktikan bahwa estrak bunga telang melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif yang diinduksi oleh hydrogen peroksida dan snar ultra violet.

Sehingga zat-zat tersebut berfungsi untuk mencegah penuaan dini seperti dapat memperlambat kerutan.

·         Mencegah Kegemukan

Mengkonsumsi bunga telang secara rutin dapat mencegah obesitas. Manfaat teh bunga telang cocok untuk diet dengan bahan herbal.

·         Mencegah Keputihan

Dalam bunga telang mengandung senyawa antijamur, sebuah studi menunjukan bahwa ekstrak methanol bunga telang dapat menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans

·         Mengobati Jerawat dan Bisul

Ambil beberapa bunga telang dengan gula jawa, pakai hasil tumbukan tadi sebagai obat balur di daerah kulit yang terkena jerawat atau bisul, sedangkan untuk mengatasi jerawat cukup haluskan akar, bunga atau daun telang lalu oleskan pada bagian jerawat.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat bunga telang, Kami sajikan khusus untuk Anda. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait