facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Manfaat Salat Duha, Mulai dari Rezeki yang Berlimpah sampai Ampunan

Denada S Putri Selasa, 05 April 2022 | 08:30 WIB

Manfaat Salat Duha, Mulai dari Rezeki yang Berlimpah sampai Ampunan
Ilustrasi salat sunnah. (Pexel.com/Michael Burrows)

Salat tersebut didirkan dalam 2 rakaat saja.

SuaraKaltim.id - Mendirikan Salat Duha hukumnya sunnah. Biasanya salat tersebut didirkan dalam 2 rakaat saja. Waktunya, mulai dari terbitnya matahari hingga menjelang zuhur. Secara rinci yakni, dari pukul 08.00-11.00.

Namun, bagaimana dengan manfaatnya? Melansir dari buku “Bertambah Kaya & Berkah dengan Shalat Dhuha” yang merupakan karya dari Ustadz Khalillurrahman El-Mahfani, Rasulullah bersabda: “Bagi masing-masing ruas dari anggota tubuh diantara kalian pada pagi hari harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan mengerjakan sholat dhuha dua rakaat." (HR. Muslim dari Abu Dzar).

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan usai mendirikan Salat Duha:

1. Rezeki yang berlimpah

Baca Juga: Jadwal Imsak, Salat dan Berbuka Puasa Kota Metro Lampung Hari Ini, Selasa 5 April 2022

Hal ini dijelaskan melalui riwayat yang artinya "Dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash ia berkata, Rasulullah bersabda, 'Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak harta rampasan yang didapat, dan cepatnya kembali (dari medan perang). Yaitu orang yang berwudhu kemudian menuju masjid untuk mengerjakan sholat sunah dhuha. Dialah yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak harta rampasan, dan lebih cepat kembalinya’." (HR. Ahmad).

2. Emas dan istana di surga

"Barangsiapa sholat dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). Dari hadits tersebut Allah telah menjelaskan betapa bermanfaatnya sholat dhuha. Umat muslim dapat melakukan sholat dhuha sebagai wujud syukur kepada Allah, sarana meminta rezeki, dan mendapatkan manfaat yang berlimpah.

3. Ampunan

Allah janjikan ampunan dosa meskipun dosa yang sudah diperbuat sebanyak buih di lautan, hal ini diriwayatkan dalam riwayat yang artinya "Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Baca Juga: Bacaan Surah Ad Duha, Belajar Bersyukur dan Menikmati Hidup

Demikian manfaat dan penjelasan singkat terkait waktu yang pas untuk mendirikan Salat Duha. Semoga di Ramadan ini seluruh amal baik bisa dilimpahkan oleh Alla SWT.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait