facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cari Lahan, UGM Lirik Kawasan IKN Nusantara untuk Bangun Kampus

Denada S Putri Selasa, 19 April 2022 | 13:07 WIB

Cari Lahan, UGM Lirik Kawasan IKN Nusantara untuk Bangun Kampus
Rektor UGM Panut Mulyono bersama Plt Bupati Hamdam Pongrewa meninjau titik nol IKN Nusantara. [ANTARA]

"Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat itu dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan," ujarnya.

SuaraKaltim.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) melirik kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk membangun kampus. Hal itu sebagai upaya pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan, untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU.

"Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat itu dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan," ujarnya, melansir dari ANTARA, Selasa (19/4/2022).

Kesepakatan bersama dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat tersebut, menurutnya, untuk mendukung dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM), seiring pemindahan IKN Indonesia ke Bumi Mulawarman.

Baca Juga: Guru Besar UGM Profesor Karna Wijaya Resmi Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Diduga Ancam Guntur Romli

Ia mengatakan, UGM dapat memberikan warna dalam perkembangan pusat pendidikan dan peradaban baru. Hal itu seiring dengan perkembangan IKN Indonesia baru tersebut.

"Kami mendorong universitas atau perguruan tinggi terbaik di Indonesia untuk bisa hadir di IKN Nusantara," ucap Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten PPU, Nicko Herlambang.

Ia melanjutkan, dengan regulasi yang ada, memungkinkan universitas atau perguruan tinggi tersebut hadir di seluruh wilayah di Indonesia.

Kehadiran universitas atau perguruan tinggi di IKN Nusantara bertujuan agar IKN Indonesia baru tidak hanya sebagai wilayah administrasi yang mengatur negara, tetapi juga menjadi pusat pendidikan.

"Kalau ada universitas atau perguruan tinggi terbaik di IKN Nusantara, anak-anak yang berada di Kalimantan dan wilayah timur dapat menikmati pendidikan dengan biaya murah karena tidak harus ke Pulau Jawa," sebutnya.

Baca Juga: Buntut Kegaduhan Unggahan Soal Ade Armando, Dosen UGM Karna Wijaya Berencana Laporkan Sejumlah Akun Medsos

Ia berharap rencana tata ruang wilayah IKN Nusantara juga menyediakan lokasi untuk universitas atau perguruan tinggi terbaik di Indonesia membangun kampus, sehingga akses pendidikan tinggi dapat merata.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait