facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kasus Terkonfirmasi Covid-19 Turun Drastis, Samarinda Disebut Siap Masuk Fase Endemik

Denada S Putri Minggu, 29 Mei 2022 | 11:30 WIB

Kasus Terkonfirmasi Covid-19 Turun Drastis, Samarinda Disebut Siap Masuk Fase Endemik
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Samarinda, Ismid Kusasih. [Presisi.co]

"Artinya, kita akan melaksanakan perintah dari pusat, bahkan Kemenko PMK sudah menyatakan secara 'de facto' bahwa Indonesia sebenarnya sudah masuk endemik."

SuaraKaltim.id - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Samarinda Ismid Kusasih mengatakan, saat ini Kota Tepian sudah siap memasuki fase endemik Covid-19.

Hal tersebut diungkapkannya sesuai dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kebijakan relaksasi. Selain itu, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Samarinda juga telah jauh berkurang.

"Artinya, kita akan melaksanakan perintah dari pusat, bahkan Kemenko PMK sudah menyatakan secara 'de facto' bahwa Indonesia sebenarnya sudah masuk endemik. Jadi tinggal menunggu secara 'de jure' nya saja lagi, aturan yang resmi," ungkapnya, melansir dari Presisi.co--Jaringan Suara.com, Minggu (29/5/2022).

Berdasarkan laporan Diskes Samarinda pada 25 Mei 2022, diketahui hanya ada satu kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan.

Baca Juga: Hari Ini di Kalimantan Timur Terdapat 1 Penambahan Kasus Covid-19

Ia menegaskan bahwa fase endemik nantinya akan ditetapkan secara nasional. Ia menyebut Samarinda siap memasuki fase tersebut.

"Ada lima indikator untuk ditetapkan masuk fase endemik. Tapi itu pemerintah pusat nanti yang menetapkan, kita tunggu saja. Intinya Samarinda siap," terangnya.

Ia tak menampik relaksasi yang belakangan diberlakukan pemerintah membuat sektor ekonomi dan sektor kehidupan masyarakat lainnya mulai berjalan normal.

Meski begitu, ia mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga pola dan gaya hidup bersih. Pasalnya, sebut dia, kini ada penyakit hepatitis akut misterius yang juga perlu diwaspadai.

"Penularannya lewat media makanan, atau tempat-tempat ramai. Makanya selalu terapkan kebiasaan sering-sering mencuci tangan," pungkasnya.

Baca Juga: Peneliti Menemukan Penyebab Pembekuan Darah pada Pasien Covid-19, Kuncinya Ada di Protein Lonjakan Virus

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait