facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada Kebakaran Hutan, 8 Titik Panas Ditemukan Lagi di Benua Etam

Denada S Putri Jum'at, 17 Juni 2022 | 16:10 WIB

Waspada Kebakaran Hutan, 8 Titik Panas Ditemukan Lagi di Benua Etam
Ilustrasi titik panas. [Istimewa]

Sebaran 8 hot spot tersebut langsung diinformasikan ke pihak terkait, terutama kepada BPBD.

SuaraKaltim.id - Titik panas atau hot spot kembali ditemukan di Benua Etam. Terdeteksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan, ada 8 titik panas baru kali ini.

Untuk diketahui sebelumnya, beberapa hari ini titik panas rutin ditemukan di Kaltim. Baru-baru ini saja, ada 16 titik panas terdeteksi di Bumi Mulawarman.

"Sebanyak 8 hot spot tersebut terpantau mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita yang tersebar di 3 kabupaten," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni, melansir dari ANTARA, Jumat (17/6/2022).

Sebaran 8 hot spot tersebut langsung diinformasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik Provinsi Kaltim maupun kabupaten. Tujuannya, untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Jumat 17 Juni: Siang Sebagian Wilayah DKI Hujan

Adapun 8 hot spot yang tersebar pada 3 kabupaten di Kaltim tersebut adalah di Kabupaten Paser ada 1 titik, di Kutai Kartanegara (Kukar) 3 titik, dan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) 4 titik.

"Rinciannya adalah titik panas di Kabupaten Paser berada di Kecamatan Kuaro, dengan tingkat kepercayaan menengah, pada titik koordinat 116.0503 bujur dan -1.8881 lintang," jelasnya.

Untuk 3 titik panas di Kukar terdeteksi di 3 kecamatan. Yakni, di Kecamatan Loa Janan, Loa Kulu, dan Kecamatan Kota Bangun. Ketiganya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Sedangkan 4 titik panas yang terpantau di Kutim, tersebar pada 3 kecamatan. Yakni 2 titik panas di Kecamatan Sangatta Utara, 2 titik panas lainnya di Kecamatan Bengalon dan Kecamatan Muara Wahau.

"Semua titik panas tersebut memiliki tingkat kepercayaan menengah. Ke-8 titik panas yang terpantau, berada di titik koordinat yang berbeda dengan titik panas yang terpantau sebelumnya, meski berada di kecamatan yang sama," ucapnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sulawesi Selatan Hari Ini, Jumat 17 Juni 2022: Waspada Ombak 2,5 Meter

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait