facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Ini, Jemaah Haji Kaltim Kloter Pertama Diberangkatkan, Jalur Khusus Disiapkan di Bandara Sepinggan

Denada S Putri Rabu, 22 Juni 2022 | 07:30 WIB

Hari Ini, Jemaah Haji Kaltim Kloter Pertama Diberangkatkan, Jalur Khusus Disiapkan di Bandara Sepinggan
Jemaah Haji asal Kaltim. [Istimewa]

Untuk screening akan dilakukan langsung di Embarkasi Haji Batakan sebelum keberangkatan.

SuaraKaltim.id - Sebanyak 1.180 jemaah haji kelompok terbang (Kloter) dari Embarkasi  Balikpapan akan diberangkatkan mulai Rabu (22/6/2022) ini.

General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma mengatakan, untuk screening akan dilakukan langsung di Embarkasi Haji Batakan sebelum keberangkatan.

“Mulainyakan dari Asrama Haji kita sudah menyiapkan X tray dan walkthrough. Jadi semua screeningnya disana. Kemudian dari Beacukai dan Imigrasi disana,” ujarnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, dikutip di hari yang sama.

Dia menjelaskan, pihak bandara menyiapkan jalur khusus bagi jemaah haji. Sehingga, tidak bergabung dengan penumpang umum.

Baca Juga: 5 Artis Indonesia Ini Terima Langsung Undangan Saudi Arabia untuk Naik Haji, Siapa Saja?

Karena katanya, para jemaah haji tidak akan masuk melalui terminal. Sehingga waktu keberangkatan disesuaikan.

“Nanti lewatnya jalur khusus di pintu di depannya pintu masuk kantor kita. Sebetulnya karena tidak lewat terminal, kita harapkan pas-pas (tidak lagi menunggu. Jadi waktunya disesuaikan,” ucapnya.

“Kalau umpanya kita sudah tahu ada delay, dari asrama hajinya disesuaikan, sehingga datang kesini jemaah haji tidak terlalu lama menunggu di dalam bus, jadi kita setting waktunya,” katanya.

General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma. [Inibalikpapan.com]
General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma. [Inibalikpapan.com]

Dia mengatakan, nantinya setelah turun dari bus, jemaah haji akan langsung naik ke pesawat Garuda dan tidak lagi menunggu. Hal itu berdasarkan hasil koordinasi dengan sejumlah stakeholder, termasuk maskapai.

"Ini juga bersamaan dengan PPIH tentunya. Lewat jalur khusus, tidak di terminal. Dari bus bis anaik langsung ke pesawat. Karena keinginan dari airlines tidak melalui terminal biar lebih mudah kayaknya,” jelasnya.

Baca Juga: Usai Lempar Jumrah Aqobah, Jamaah Haji Bisa Naik Bus ke Masjidil Haram Untuk Tawaf Ifadah Lebih Awal

Untuk diketahui sebelumnya, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan, kloter pertama berjumlah 358 orang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait