facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Polda Kaltim Siapkan 200 Personel untuk Amankan Pembangunan IKN Nusantara

Denada S Putri Jum'at, 01 Juli 2022 | 20:30 WIB

Polda Kaltim Siapkan 200 Personel untuk Amankan Pembangunan IKN Nusantara
Waka Polda Kaltim Brigjen Hariyanto. [Inibalikpapan.com]

Sudah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu. Dari mulai pembentukan undang-undang itu kita langsung melaksanakan pengamanan itu."

SuaraKaltim.id - Ada 200 personel yang akan disiapkan Polda Kaltim untuk membantu pengamanan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini dilakukan untuk mengamankan pembangunan yang akan dimulai Juli 2022 nanti.

Wakapolda Kaltim Brigjen Hariyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk pengamanan IKN. Pengamanan tersebut disusun dalam rencana operasi yang dinamakan Mahakam Nusantara.

“Sudah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu. Dari mulai pembentukan undang-undang itu kita langsung melaksanakan pengamanan itu. Jadi sekarang ada logistik sudah termasuk dalam pengamanan itu,” ujarnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Jumat (1/7/2022).

ia mengatakan, sebanyak 200 personel telah disiapkan dan ditempatkan di beberapa titik di wilayah IKN. Para personel, katanya, dibekali senjata lengkap dan diminta melakukan pengawasan. Khususnya, memastikan pendistribusian logistik tersebut lancar.

Baca Juga: Presiden Vladimir Putin Ingin Rusia Garap Proyek Transportasi di Ibu Kota Baru

“Nanti itu akan bertambah lagi sesuai dengan kebutuhan kita, yang akan ditempatkan di titik di mana nanti menjadi tempat-tempat pendistribusian material, daerah yang diperkirakan akan ada gangguan, dan itu sudah ada di Rencana Operasi kita,” bebernya.

Pihaknya telah menginstruksikan ke jajarannya agar maksimal dalam membantu pengamanan pendistribusian logistik tersebut. 

“Misalnya pendistribusian tidak lancar, ya kita harus amankan sesuai waktu yang sudah ditentukan mulai pembangunannya, jadi tidak boleh ada hambatan,” tuturnya.

Ia mengakui, sampai saat ini memang belum ada bangunan atau posko untuk jajarannya di wilayah IKN. Sehingga para personel di sebar di beberapa titik untuk melakukan pengawasan dan pengamanan.

“Sementara sudah ada, tapi bangunannya belum jadi, jadi kita berada di area IKN situ saja,” tutup jenderal bintang satu ini.

Baca Juga: Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi, Menhub Budi Karya Sumadi Tawarkan Proyek di IKN Nusantara

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait