BMKG Deteksi 73 Sebaran Titik Panas di Kaltim, Terbanyak di Kutai Timur

Sebanyak 73 titik panas tersebut terpantau Sabtu (13/8), mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 24.00 wita

Bella
Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:32 WIB
BMKG Deteksi 73 Sebaran Titik Panas di Kaltim, Terbanyak di Kutai Timur
Informasi sebaran titik panas di Kabupaten Kutai Timur, Kaltim, yang dirilis BMKG Balikpapan, Minggu (14/8) (Ist/HO BMKG Balikpapan)

SuaraKaltim.id - Sebanyak 73 titik panas yang tersebar pada lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terdeteksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan.

Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni mengungkapkan, semua titik panas tersebut memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Sebanyak 73 titik panas tersebut terpantau Sabtu (13/8), mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 24.00 wita," ujarnya di Balikpapan, Minggu.

Dirinya pun langsung menginformasikan sebaran 73 titik panas tersebut ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca Juga:BMKG Imbau Warga Jateng Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi

Menurutnya, dua hari sebelumnya pihaknya juga mendeteksi 31 titik panas tersebar pada lima kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas tersebut sudah hilang, sedangkan 73 titik panas yang terpantau kemarin hingga tadi malam, merupakan titik panas yang berada di lokasi berbeda dan tersebar pada delapan daerah.

Adapun delapan daerah yang terdeteksi 73 titik panas itu adalah di Kota Balikpapan ada 1 titik, Samarinda 1 titik, Kabupaten Paser 2 titik, Kutai Timur ada 27 titik, Kutai Barat ada 2 titik, Kutai Kartanegara 20 titik, Berau 10 titik, dan Kabupaten Mahakam Ulu ada 10 titik panas.

Rincian per daerah adalah 1 titik panas yang di Balikpapan berada di Kecamatan Balikpapan Barat, 1 titik di Samarinda ada di Kecamatan Palaran, 2 titik yang di Kutai Barat berada di Kecamatan Muara Pahu, 2 titik yang di Paser berada di Kecamatan Batu Engau.

Kemudian 10 titik panas yang terdeteksi di Mahakam Ulu tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Long Pahangai ada 6 titik, Kecamatan Long Apari ada 1 titik, dan Kecamatan Laham terdapat 3 titik panas.

Selanjutnya di Kutai Timur yang terdeteksi 27 titik panas, tersebar pada tujuh kecamatan, yakni 1 titik di Kecamatan Teluk Pandan, 10 titik di Kecamatan Telen, 2 titik di Rantau Pulung, 3 titik di Muara Wahau, 8 titik di Kongbeng, 2 titik di Kaubun, dan 1 titik di Kecamatan Busang.

Baca Juga:Wilayah Jawa Barat akan Diguyur Hujan dari Pagi

Untuk 20 titik di Kutai Kartanegara tersebar pada sembilan kecamatan, yakni Kecamatan Muara Wis, Loa Kulu, Anggana, dan Kecamatan Kenohan masing-masing ada 1 titik, Kecamatan Kota Bangun terdeteksi 4 titik panas.

News

Terkini

Dalam video yang diunggah di akun @viral62com, Jeje tengah duduk bersama Bryan Domani.

Lifestyle | 07:00 WIB

Petani itu dari 50 tahun tidak beranjak kesejahteraannya. Kita ingin petani mengurus pertanian saja, tidak perlu mengurus harga. Kita akan atur itu sehingga Rp100 triliun

News | 18:33 WIB

Korban hilang setelah terseret arus saat berenang di Pantai Lhoknga

News | 17:24 WIB

Udah kere beraninya keroyokan mana sama Orang Tua

News | 16:48 WIB

Tentu kita kecewa dengan hasil ini, karena kita ingin menang, tapi kekalahan memang bisa terjadi dalam pertandingan

News | 13:08 WIB

Larva atau maggot dari lalat hitam jadi bahan utama produksi pelet ikan (pakan ikan)

News | 11:39 WIB

Koordinator CS Hasbi mengatakan, pihak RSUD Taman Husada sudah membayarkan kewajiban mereka.

News | 09:00 WIB

Setiap bulan, ujarnya, harga komoditas tepung terigu terus melambung tinggi.

News | 08:30 WIB

Keterangan awal didapat dari ayah korban. Ayah korban saat itu berada di rumahnya.

News | 08:00 WIB

Aji Erlynyawati mengatakan, alokasi dana BLT itu berdasarkan arahan Menteri Keuangan.

News | 07:30 WIB

Terlihat di video, ada suara seorang wanita yang memanggil para emak-emak untuk naik ke atas panggung buat berjoget.

News | 07:00 WIB

Tingkat kelembapan di Kaltim dimulai dari angka 60 sampai 100 persen.

News | 06:00 WIB

"Karena pandemi Covid-19 masih ditetapkan pemerintah sampai saat ini, bahkan semua kabupaten/kota di Kalsel masih status PPKM level 1," ujar Diauddin.

| 03:20 WIB
Tampilkan lebih banyak