Chandra Iswinarno
Penemuan uang setelah banjir. (Instagram/@viralterkini99)

SuaraKaltim.id - Satu video rekaman yang menunjukan adanya ceceran uang setelah banjir melanda, menghebohkan jagat maya. Rekaman dalam video tersebut diketahui terjadi di Desa Plumbong, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang.

Dalam video itu, warga setempat dihebohkan dengan temuan uang pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000 yang tercecer di saluran irigasi.

Tayangan video yang viral tersebut salah satunya diunggah akun Instagram @manaberita pada Sabtu (21/11/2020). Menurut keterangan unggahan itu, uang yang berceceran ditemukan pada Jumat (20/11/2020) pagi.

Setelah dikumpulkan dan dihitung ternyata jumlah uang tersebut mencapai Rp 23 juta. Bahkan ada salah satu warga yang menemukan uang Rp 10 juta dalam satu ikatan uang kertas Rp 100.000-an.

Dilansir dari Solopos.com-jaringan Suara.com, pada video tersebut, terlihat warga beramai-ramai mendatangi area persawahan untuk menemukan uang yang tercecer di saluran irigasi.

Uang tersebut diduga milik salah seorang warga yang terbawa banjir yang terjadi pada Kamis (19/11/2020) malam. Uang tersebut kali pertama ditemukan Nur Khamid.

Kala itu, Nur Khamid yang merupakan petani setempat, berniat membersihkan saluran irigasi seusai dilanda banjir setelah hujan lebat.

Ketika membersihkan saluran irigasi, dia menemukan uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 di saluran irigasi. Saat ditotal, temuan Khamid hampir mencapai Rp 10 juta.

Tak sampai di situ, ternyata temuan uang tidak hanya di saluran irigasi. Uang juga ditemukan berceceran di sawah yang berada dekat saluran tersebut.

Kepala Desa Plumbon Agus Arjito mengemukakan, ada sekitar 50 orang warga yang kemudian mencari dan mengumpulkan ceceran uang tersebut. Semua uang yang ditemukan warga dalam kondisi basah dan bercampur lumpur.