Denada S Putri
Ilustrasi mengaji. [Freepik]

SuaraKaltim.id - Sahur merupakan salah satu amalan yang bisa diamalkan saat bulan Ramadan. Sahur dianjurkan  Rasulullah untuk bisa dilakukan. Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk berpuasa dan tak meninggalkan sahur.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ibadah Sahur saat Ramadhanlah kalian karena sesungguhnya di dalam Ibadah Sahur saat Ramadhan terdapat keberkahan.” (H.R Imam Bukhari dan Muslim).

Ketika sahur, umat muslim yang berpuasa dapat menjalankan puasanya. Baik dari terbit hingga terbenamnya matahari, dan juga dapat menjalankan ibadah-ibadah lainnya dengan lancar.

Ketika sahur tentunya ada beberapa amalan yang bisa mendatangkan keberkahan bagi siapapun yang melakukannya. Kembali lagi, Rasulullah SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (H.R. Bukhari dan Muslim). Lalu apa saja amalan-amalan saat sahur? Simak penjelasannya berikut ini. Nah berikut beberapa amalan lain yang bisa dilakukan ketika sahur.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Bogor Jawa Barat Hari Ini Sabtu 23 April 2022

1. Memperbanyak Istighfar

Umat muslim yang sedang sahur dapat memperbanyak membaca istighfar kepada Allah SWT untuk meminta ampunan.

Allah SWT berfirman dalam Surat Ali Imran ayat 17, “Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17). Anjuran untuk memperbanyak membaca istigfar juga berdasarkan hadist Rasulullah SAW, “Pada setiap malam, Allah ta’ala turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: “Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Memanjatkan Doa

Waktu sahur merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Allah SWT akan mengabulkan doa umat muslim yang berdoa ketika Sahur.

Baca Juga: Waktu yang Tepat Menyikat Gigi Setelah Makan Sahur

Rasulullah SAW bersabda, “Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” [HR. Bukhari dan Muslim].

Komentar