Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dokter Paru Imbau Masyarakat Tetap Pakai Masker di Rumah, Ini Alasannya!

Risna Halidi | Lilis Varwati Kamis, 24 September 2020 | 09:39 WIB

Dokter Paru Imbau Masyarakat Tetap Pakai Masker di Rumah, Ini Alasannya!
Ilustrasi anak pakai masker. (Shutterstock)

Simak penjelasan pakar mengapa kita disarankan tetap pakai masker di dalam rumah.

SuaraKaltim.id - Menggunakan masker untuk mencegah infeksi Covid-19 dapat menjadi tantangan tersendiri. Beberapa kendala umum yang biasa dirasakan salah satunya adalah tidak leluasa, sulit bernapas, hingga kesulitan saat harus berbicara.

Meski begitu, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. dr. Agus Dwi Susanto SpP(K) tetap menyarankan penggunaan masker di dalam rumah terutama jika di rumah ada golongan yang rentan terinfeksi Covid-19.

"Ada kelompok rentan di rumah, apabila kita orang yang sering keluar rumah, apabila berkontak dengan keluarga kita yang rentan tersebut maka sebaiknya di dalam rumah tetap menggunakan masker," ujar Agus di Graha BNPB, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Kelompok rentan yang dimaksud adalah anak berusia di bawah 12 tahun, orang lanjut usia atau lansia, dan orang dengan penyakit kronis seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan gangguan saluran pernapasan akut.

Jika merasa berat, pelonggaran bisa dilakukan dengan syarat bahwa Anda sudah sangat yakin telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar saat berada di luar rumah.

Protokol kesehatan yang dimaksud adalah memakai masker, menjaga jarak, serta menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan pakai sabun.

"Tapi kalau kita merasa tidak yakin maka penggunaan masker di dalam rumah itu disarankan untuk mengurangi risiko apabila virus itu kita bawa," terang Agus.

Pastikan sebelum melepas masker kita sudah lebih dulu membersihkan diri, seperti meletakkan baju bekas pakai di mesin cuci, mandi dan membersihkan diri. Setelahnya baru bisa leluasa bertemu dan berinteraksi dengan keluarga.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait