alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kutai Timur Dapat Bantuan Mobil PCR untuk Penanggulangan Covid-19

Chandra Iswinarno Senin, 23 November 2020 | 10:22 WIB

Kutai Timur Dapat Bantuan Mobil PCR untuk Penanggulangan Covid-19
Pemerintah Kabupaten Kutai Timur akhirnya mendapatkan mobil polymerase chain reaction (PCR) untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di wilayah setempat yang kian meluas. [Antara]

Menurut rencana, kendaraan tersebut akan beroperasi pada Senin (23/11/2020) untuk melayani masyarakat Sangatta.

SuaraKaltim.id - Satu mobil polymerase chain reaction (PCR) diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dari Provinsi Kaltim untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di wilayah setempat.

Pemberian tersebut disampaikan langsung kepada Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kutim M Jauhar Efendi.

Dia mengatakan, sama seperti halnya mobil PCR yang diterima oleh kabupaten dan kota lainnya.

"Alhamdulillah, permohonan kami dipenuhi Pemprov Kaltim, dengan demikian diharapkan tracing pasien terkonfirmasi COVID-19 bisa dilakukan dengan cepat dan terukur,” kata Jauhar seperti dilansir Antara pada Minggu (22/11/2020).

Baca Juga: Minggu 22 November, Jumlah Kesembuhan Harian Covid-19 di Kaltim 144 Pasien

Dia mengemukakan, mobil PCR sudah berada di Hotel Kutai Permai (HKP) Sangatta Utara sejak Minggu. Menurut rencana, kendaraan tersebut akan beroperasi pada Senin (23/11/2020) untuk melayani masyarakat Sangatta dan sekitarnya yang ingin melakukan tes usap.

Kemampuan mobil PCR bantuan Pemprov Kaltim ini bisa melayani ratusan tes usap per hari.

"Semoga mobil PCR dari Pemprov Kaltim bisa mempercepat diagnosa kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kutim, sehingga dapat meningkatkan recovery rate dan menurunkan mortality rate. Selama ini sampel tes usap dikirim ke Samarinda," kata Jauhar yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kaltim.

Untuk diketahui, Kutim menjadi salah satu daerah di Kaltim yang tingkat penularan COVID-19 cukup tinggi. Hingga Minggu (22/11/2020) jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kutim mencapai 2.231 kasus, pasien sembuh 1.853 kasus, meninggal dunia 36 kasus dan masih dirawat 342 kasus. (Antara)

Baca Juga: Lindungi Kebutuhan dan Hak, DPRD Kaltim Siapkan Perda Perlindungan Anak

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait