alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berapa Jumlah Danau di Indonesia? Ini Jawaban LIPI

Liberty Jemadu Kamis, 03 Desember 2020 | 21:32 WIB

Berapa Jumlah Danau di Indonesia? Ini Jawaban LIPI
Pertanyaan tentang berapa jumlah danau di Indonesia dijawab LIPI dalam sebuah buku yang diluncurkan Kamis (3/12/202). Foto: Danau Sentarum di Kalimantan Barat. [Dok Kementerian PUPR]

Jumlah danau di Indonesia ada 5.807. Sebagian besar ada di Kalimantan.

SuaraKaltim.id - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Kamis (3/12/2020) menjawab salah satu pertanyaan penting soal geogfrafi Nusantara, berapa jumlah danau di Indonesia? Jawabannya: ada 5.807 dan sebagian besar terletak di Kalimantan.

Jumlah danau di Indonesia naik drastis dari data sebelumnya, demikian dijelaskan LIPI dalam buku bertajuk Identifikasi Danau Indonesia yang diluncurkan Kamis (3/12/2020).

"Tim penyusun buku danau berhasil mengidentifikasi sebanyak 5.807 danau yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia di mana total luasnya adalah 586.871,64 hektare," kata Aan Dianto, salah satu anggota Tim Penyusun Buku Identifikasi Danau Indonesia.

Berbicara dalam webinar peluncuran buku tersebut, Aan menjelaskan bahwa buku berseri itu disusun oleh 19 personel dari LIPI.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Danau Kuno Berusia Jutaan Tahun

Dalam survei sebelumnya disebutkan bahwa jumlah danau di Indonesia hanya sekitar 1.575, yang terdiri dari 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ). Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2016, luas total danau di Indonesia sekitar 491.724 hektare.

"Apabila kita ilustrasikan bahwa luasannya (danau) adalah sedikit lebih besar dibandingkan land area luas dari Thailand yaitu 513.120 hektare," ujar Aan.

Untuk mengetahui jumlah danau dan sebarannya, Pusat Penelitian Limnologi LIPI melakukan penghitungan jumlah danau di Indonesia pada tahapan identifikasi lokasi, tipe dan luasannya.

Penyusunan buku itu berdasarkan citra satelit tahun tertentu, sehingga jumlah dan luasan danau dapat berubah sesuai dinamika lingkungan, selain itu tutupan awan pada musim hujan menjadi hambatan karena danau-danau berukuran kecil hingga sangat kecil sulit teridentifikasi.

Aan mengatakan 5.807 danau tersebut terdiri dari 1.022 danau alami, 1.314 danau buatan, dan 3.471 danau tidak teridentifikasi apakah danau alami atau danau buatan.

Baca Juga: Kembali Dibuka, Danau Ecopark Cibinong Dipadati Pengunjung

"Yang tidak teridentifikasi adalah danau yang kami tidak bisa identifikas, apakah itu danau alami atau buatan," tutur Aan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait