facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tahan Amarah, Lakukan 6 Trik Ini untuk Meredam Emosi

Vania Rossa Senin, 14 Desember 2020 | 08:41 WIB

Tahan Amarah, Lakukan 6 Trik Ini untuk Meredam Emosi
Ilustrasi marah, emosi. (Shutterstock)

Boleh saja marah, tapi lihat tempat dan suasana. Kalau tidak memungkinkan, cobalah meredam emosi dengan cara berikut.

SuaraKaltim.id - Meski marah adalah sesuatu yang manusiawi, tapi kamu tentu tak bisa marah-marah di sembarang tempat. Selain mengganggu orang di sekitarmu, hal ini juga bisa bikin kamu dicap sebagai orang yang tak sopan. Nah, supaya amarahmu bisa terkendali, kamu harus coba cara-cara untuk membantu meredam emosi. Ini dia, seperti dilansir dari Huffpost.

1. Tarik napas dalam-dalam
Satu hal yang paling penting ketika emosimu memuncak, jangan melakukan apa-apa kecuali menarik napas dalam-dalam. Hal ini dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh lebih rileks. Kalau kamu langsung bertindak, emosi itu akan menyebar ke seluruh tubuh dan berisiko membuatmu melakukan sesuatu yang salah, seperti memukul.

2. Meningkatkan Keimanan
Iman menjadi salah satu benteng kita untuk menjaga emosi. Iman akan memberikan kekuatan untuk menghadapi berbagai situasi baik buruk maupun baik. Selain itu, dengan iman kita menjadi lebih tenang karena kepercayaan akan segala sesuatu yang terjadi pasti memiliki alasan.

3. Temukan jalan keluar yang baik
Saat berhasil meredam emosi, segeralah buang emosi tersebut sehingga kamu tidak memendamnya dalam diri yang akan menjadikannya dendam. Untuk itu, carilah jalan keluar dengan melakukan hal-hal yang baik.

Baca Juga: Selain Bisa Tenangkan Emosi, Ketahui Manfaat Menulis Lainnya

Hal-hal baik itu baik itu dapat kamu temukan dalam diri sendiri, seperti dengan melakukan kegiatan yang disukai. Hal lain yang dapat membantu yaitu dengan bercerita kepada orang terdekat sehingga mendapat pandangan lain terhadap permasalahan yang dihadapi.

4. Lihat masalah dari sisi yang lain
Setiap kejadian pasti memiliki alasan. Untuk itum, kamu harus bijaksana dalam menghadapi suatu permasalahan. Seseorang mungkin tidak memahaminya pada awalnya, tetapi seiring berjalannya waktu, ia akan mulai melihat sisi yang berbeda.

5. Ubah pola pikir
Pola pikir yang bisa membuatmu emosi harus segera diganti. Kalau tidak, kamu cenderung akan terus-menerus dipenuhi dengan emosi negatif. Carilah jalan keluar dengan memikirkan hal-hal yang bisa membuat bahagia.

6. Belajar memaafkan diri sendiri
Memaafkan diri sendiri sangat berguna untuk meredam emosi. Biasanya, saat emosi meluap, kita melakukan kesalahan. Hal itu baru disadari ketika sudah terjadi.

Namun, banyak yang menjadikan kesalahan itu membuat diri menjadi terpuruk. Untuk itu, kita perlu memaafkan diri sendiri. Hal itu akan melepaskan diri kita dari kebencian, kecemburuan atau amarah yang ada di dalam diri. (Fajar Ramadhan)

Baca Juga: Sampai Pukul TV, Aksi Emak-emak Emosi Nonton Sinetron Viral

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait