alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Di Balikpapan, Terapi Konvalesen Bantu 75 Persen Pasien Covid-19 Berat

Chandra Iswinarno Kamis, 07 Januari 2021 | 15:55 WIB

Di Balikpapan, Terapi Konvalesen Bantu 75 Persen Pasien Covid-19 Berat
Kepala Dinas Kesehatan yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 setempat Andi Sri Juliarty di sela agenda donor plasma konvalesen. [Inibalikpapan.com]

Terapi plasma konvaselen hingga saat ini dinilai membantu kesembuhan pasien yang terpapar Covid-19 dalam kategori berat.

SuaraKaltim.id - Terapi plasma konvaselen hingga saat ini dinilai membantu kesembuhan pasien yang terpapar Covid-19 dalam kategori berat. Di Kalimantan Timur (Kaltim), tingkat kesembuhan pasien kategori berat yang positif Covid-19 bisa membantu kesembuhan pasien hingga 75 persen.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengungkapkan, terapi plasma konvalesen terhadap pasien yang terpapar Covid-19 kategori berat di ruang ICU Rumah Sakit Kanudjo Djatiwibowo.

"Pusat (bank darah plasma konvalesen) di Balikpapan di rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan kita lihat disana hampir 75 persen membantu pasien yang kriteria berat,” ujar Andi Sri seperti dilansir Inibalikpapan.com-jaringan Suara.com, di sela-sela donor plasma konvalesen pada Kamis (7/1/2021)).

Dia mengungkapkan, terapi plasma konvalesen dibutuhkan untuk meningkatkan antibodi pasien yang terpapar Covid-19 dalam kondisi berat.

Baca Juga: Penyintas Covid-19 Ini Donor Plasma Konvalesen Hingga Empat Kali, Kok Bisa?

“Plasma untuk memberikan antibodi secara pasif. Sudah jadi nih antibodi dari pasien yang pernah terkonfirmasi positif kita ambil, kita sumbangkan kepada pasien yang sakit terutama yang kriteria berat atau berada diruang ICU,” ujarnya.

Namun, dia menegaskan, untuk terapi plasma konvalesen sangat tergantung dengan dokter penanggung jawab pelayanan.

"Mereka yang menentukan pasien ini boleh menggunakan terapi plasma konvalesen, seberapa banyak,” ujarnya.

Lebih jauh, dia mengemukakan, terapi konvalesen di Balikpapan, tidak hanya ada di rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo saja.

“Saat ini kita sedang melebarkan lagi penanganan plasma konvalesen rumah sakit Pertamina juga sudah melakukan mengambil darah dari Kanudjoso sebagai bank darahnya saat ini untuk rumah sakit lain juga sudah boleh mengunakan,” ujarnya.

Baca Juga: Transfusi Plasma Konvalesen Jadi Alternatif Penyembuhan Covid-19

Dia menambahkan, plasma konvalesen khususnya untuk golongan darah tertentu sempat kosong.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait