alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkot Balikpapan Yakin Usai PPKM Dua Minggu, Penularan Covid-19 Terkendali

Chandra Iswinarno Kamis, 14 Januari 2021 | 18:49 WIB

Pemkot Balikpapan Yakin Usai PPKM Dua Minggu, Penularan Covid-19 Terkendali
Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 setempat Andi Sri Juliarty. [Inibalikpapan.com]

Pemkot Balikpapan menilai PPKM bakal berdampak positif dalam menekan kasus penularan Covid-19.

SuaraKaltim.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menilai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bakal berdampak positif dalam menekan kasus penularan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty memrediksi jika dalam waktu dua minggu setelah masa PPKM bakal turun.

“Karena kan memang masa penularan itu dua minggu, mudah-mudahan bisa lebih cepat seperti pengalaman kita yang lalu itu terkendali dalam dua minggu,” katanya seperti dilansir Inibalikpapan.com-jaringan Suara.com pada Kamis (14/1/2021).

Dikemukakannya, berdasarkan laporan petugas surveilens, peningkatan kasus terkonfirmasi positif dalam dua pekan terakhir tak hanya klaster perusahaan dan keluarga juga masih ada klaster libur Natal dan Tahun Baru

Baca Juga: Jelang Pemberlakuan PPKM, Kasus Covid-19 Balikpapan Tambah 127 Pasien Baru

“Jadi memang dari laporan petugas surveilens kami ketika melakukan tracing, verifikasi kepada pasien jadi ini kondisinya memang sudah bercampur, ada yang lanjutan dari klaster Natal, ada juga yang liburan tahun baru. Baik keluarga yang libur maupun keluarga yang datang kesini untuk liburan juga dan sama-sama menimbulkan kasus.”

Sementara itu, Wali Kota Rizal Effendi meminta selama penerapan PPKM masyarakat diminta lebih banyak berada di rumah.

“Kita berharap pengetatan dua minggu ini memberikan dampak yang besar untuk penurunan yang terkonfirmasi positif. Kita minta masyarakat menahan diri, tidak keluar rumah kalau tidak terpaksa, tidak keluar daerah kalau tidak terpaksa.”

Disampaikannya, baru dapat laporan 11 warga yang baru saja berlibur ke Pulau Derawan, sebanyak tujuh orang di antaranya reaktif hasil skrining. Kemudian dilanjutkan dengan swab PCR dan masih akan ditunggu hasilnya pada Jumat (15/1/2021) besok.

“Hari ini walaupun angkanya belum masuk sedang kita lakukan pengecekkan, ada 11 warga liburan ke Pulau Derawan, pulangnya tujuh orang reaktif. Ini lagi kita periksa, kecenderungannya ini positif. Ini salah satu contoh yang harus kita waspadai liburan pulangnya malah ada kecenderungan positif, besok mungkin angkanya baru kita bisa dapatkan Ini hasil reaktifnya sudah kita dapatkan.”

Baca Juga: SE PPKM Resmi Terbit, Aktivitas Warga Balikpapan Dibatasi Hingga Jam 21.00

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait