alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sempat Hilang Kontak Selama 5 Hari, KM Belabong Akhirnya Ditemukan

Chandra Iswinarno Senin, 18 Januari 2021 | 13:35 WIB

Sempat Hilang Kontak Selama 5 Hari, KM Belabong Akhirnya Ditemukan
Ilustrasi kapal hilang di tengah lautan. KM Belabong yang dikabarkan hilang kontak pada lima hari lalu ditemukan selamat. (Shutterstock)

Saat ini, KM Belabong tengah melakukan perbaikan mesin di Muara Pantuan, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

SuaraKaltim.id - Sempat hilang kontak selama lima hari, Kapal Motor (KM) Belabong akhirnya ditemukan dengan selamat dan saat ini tengah melakukan perbaikan mesin di Muara Pantuan, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kabar tersebut disampaikan Kepala Basarnas Kota Balikpapan Melkianus Kotta pada Senin (18/1/2021).

"Tadi sekira pukul 07.45 WITA, kami mendapat informasi dari pemilik kapal bawah KM Belabong beserta kru dan kob sudah ditemukan dengan selamat," ujarnya.

Melkianus mengatakan, hilangnya komunikasi dengan pemilik kapal terjadi lantaran kapal mengalami kerusakan mesin dalam perjalanan. Tetapi saat ini kondisi kapal sudah kembali normal dan akan melanjutkan perjalanan ke tujuan awal di Pulau Balabalangan.

Baca Juga: Efektivitas PPKM Balikpapan Mulai Terasa, Hari Minggu Tambah 94 Kasus Covid

"Kondisi kapal saat ini sudah normal dan akan lanjut ke tujuan semula. Dari Muara Pantuan ke Pulau Balabalangan diperkirakan memakan waktu sekira delapan (jam) sampai sembilan jam dalam perjalanan," tambahnya.

Diketahui, KM Belabong yang bermuatan logistik berangkat dari kawasan Pantai Manggar, Balikpapan Timur pada Kamis (14/1/2021) sekira pukul 08.00 WITA dengan tujuan Pulau Balabangan. Sesuai jadwal yang ditentukan, kapal diperkirakan akan tiba di tujuan sekita pukul 16.00 WITA.

Namun sampai dua hari kemudian, kapal tersebut belum juga tiba di tujuan dan hilang kontak. Oleh karena itu, pada Sabtu (16/1/2020) sekira pukul 10.35 WITA, Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang Kelas A Kota Balikpapan menerima informasi hilangnya kapal tersebut dan langsung melakukan pencarian. 

Kekinian, KM Belabong yang membawa Sukri (21), Hamsa (20), Restu (25), Awalludin (45), Jefri (15), Rifki (8), mengalami kerusakan mesin dalam perjalanan dan saat ini sudah ditemukan dengan keadaan selamat. Dan mereka telah melanjutkan perjalanan kembali ke tujuan awal. 

Kontributor : Tuntun Siallagan

Baca Juga: Nekat Pesta Saat PPKM, Puluhan Remaja di Balikpapan Digelandang Petugas

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait