alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Akhirnya, Jumat Pekan Ini 6 Kepala Daerah Terpilih di Kaltim Bakal Dilantik

Chandra Iswinarno Senin, 22 Februari 2021 | 14:00 WIB

Akhirnya, Jumat Pekan Ini 6 Kepala Daerah Terpilih di Kaltim Bakal Dilantik
Kantor Gubernur Kaltim. Pada Jumat (26/2/2021) enam kepala daerah terpilih di Kaltim akan dilantik secara definitif. [Inibalikpapan.com/daftartempat.com]

Pemprov Kaltim memastikan enam kepala daerah terpilih bakal dilantik pada Jumat (26/2/2021).

SuaraKaltim.id - Setelah komisi pemilihan umum (KPU) yang ada di beberapa kota dan kabupaten Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menetapkan kepala daerah terpilih, pemprov memastikan bakal melantiknya pada Jumat (26/2/2021).

Kepastian tersebut disampaikan, setelah sebelumnya rencana pelantikan sempat tertunda.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Biro Pemerintahan, Perbatasan dan Otonomi Daerah (PPOD) Setprov Kaltim Deni Sutrisno setelah rapat persiapan pelantikan. Deni mengatakan, ada enam kepala daerah yang akan dilantik Gubernur Kaltim Isran Noor pekan ini.

Meski begitu, dia mengemukakan, pelantikan akan dilakukan virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Baca Juga: Belum Dilantik, Nasib Enam Kepala Daerah Terpilih di Kaltim Masih Gantung

“Sesuai hasil pilkada serentak kabupaten dan kota Se-Kaltim 2020. Maka, ada sembilan kepala daerah yang terpilih. Hanya saja, untuk pelantikan pada 26 Februari ini enam kepala daerah saja,” ujarnya seperti dilansir Inibalikpapan.com-jaringan Suara.com pada Senin (22/2/2021).

Untuk diketahui, enam kepala daerah yang akan dilantik yakni meliputi wilayah Kota Samarinda, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kabupaten Berau, dan Kabupaten Paser.

Sementara, tiga daerah lain akan dilakukan dalam waktu yang berlainan, yakni Kota Bontang pada 23 Maret 2021, Kota Kutai Barat (Kubar) 19 April 2021 dan Kota Balikpapan 30 Mei 2021.

“Pelantikan disesuaikan dengan akhir masa jabatan kepala daerah,” jelasnya.

Sementara untuk pelantikan pada 26 Februari 2021 hanya Mahakam Ulu yang dilaksanakan di Odah Etam dan kepala daerah lainnya secara virtual di daerah masing-masing. Undangan yang hadir dibatasi hanya 25 orang, baik keluarga yang dilantik dan Forkopimda.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Kaltim Jelang Imlek Melonjak, Tertinggi di Samarinda

“Jadi, kita lebih kedepankan protokol kesehatan tapi tidak mengurangi hikmatnya pelaksanaan pelantikan,” ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait