alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Soal Pembangunan IKN, Pengamat Tata Kota Yakin Tidak Dimulai Tahun Ini

Chandra Iswinarno | Mohammad Fadil Djailani Kamis, 08 April 2021 | 15:58 WIB

Soal Pembangunan IKN, Pengamat Tata Kota Yakin Tidak Dimulai Tahun Ini
Desain ibu kota negara baru. (Suara.com/Fauzi)

Rencana pemindahan ibu kota negara (IKN), yang tertunda karena Pandemi Covid-19, dipastikan pemerintah bakal dimulai tahun ini. Namun hal tersebut dinilai tidak realistis.

SuaraKaltim.id - Rencana pemindahan ibu kota negara (IKN), yang tertunda karena Pandemi Covid-19, dipastikan pemerintah bakal dimulai tahun ini. Namun hal tersebut dinilai tidak realistis.

Pernyataan tersebut disampaikan Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga. Dia memaparkan beberapa catatan yang terkait pembangunan IKN yang diprediksinya tidak mungkin dimulai tahun ini.

"Tapi paling tidak hari ini saya mendapatkan dua catatan, yang pertama bahwa sampai dengan tadi pagi Baleg DPR RI belum menerima RUU IKN dari pemerintah jadi artinya temen-temen di DPR belum membaca isi dari RUU IKN tersebut," kata Joga dalam acara webinar yang diselenggarakan Populi Center pada Kamis (8/4/2021).

Dengan demikian, dia mengemukakan, kecil kemungkinan pembangunan IKN dilakukan tahun ini, mengingat proses pembahasan, pendalaman dan diskusi di DPR yang memerlukan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Tata Ruang Ibu Kota Baru Belum Jelas, Pengamat: Preseden Buruk

"Faktor ini juga jadi dilema kalau ini dipercepat dan jadi pertanyaan mengapa RUU IKN ini diburu-buru, tingkat urgensinya seperti apa bahwa RUU IKN ini harus disahkan akhir tahun ini misalnya. Apakah tidak ada RUU lain yang mendesak disahkan tahun ini " tanya Joga.

Kemudian terkait catatan yang kedua, terkait rencana Menteri Bappenas Suharso Monoarfa yang baru akan berkunjung ke Kalimantan Timur untuk menentukan titik lokasi calon Istana Negara di IKN baru.

"Menteri PPN/Bappenas besok, berencana ke Kalimantan Timur (Kaltim) untuk menentukan titik lokasi calon Istana IKN. Ini juga menimbulkan pertanyaan buat saya, karena banyak proses penataan tata kota apalagi untuk IKN yang loncat-loncat," katanya.

Sebelumnya Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah akan mulai membangun Istana Negara di Ibu Kota Negara pada tahun ini.

"Kalau semuanya berjalan dengan baik dan sesuai dengan rancangan dimasterplan yang disusun, dan detail plan yang sudah disiapkan. Kami optimis mudah-mudahan Istana Presiden bisa di groundbreaking pada tahun ini," kata Suharso saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Pembangunan Ibu Kota Baru di Kalimantan Kemungkinan Molor

Menurutnya, jika pembangunan IKN dapat terjadi pada tahun ini, diharapkan dapat mendorong semua sektor ekonomi diwilayah tersebut, khususnya Indonesia Timur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait