alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Unggah Video Desain IKN Baru, Jokowi: Ini Belum Final, Baru Pradesain

Tasmalinda Minggu, 04 April 2021 | 18:52 WIB

Unggah Video Desain IKN Baru, Jokowi: Ini Belum Final, Baru Pradesain
Video unggahan IKN baru di instagram Jokowi Unggah Video Desain IKN Baru, Jokow: Ini Belum Final, Baru Pradesain

Presiden Joko Widodo mengunggah video desain Ibu Kota Negara (IKN) baru di instagram miliknya. Bank warganet yang memuji, namun tidak sedikit yang mengoreksi.

SuaraKaltim.id - Video pradesain Ibu Kota Negara (IKN) baru diunggah Presiden Joko Widodo di instagram pribadinya. Meski telah sehari diunggah, warganet terus memberikan pendapat di kolom komentar video tersebut.

Video desain IKN baru yang berdurasi dua menit ini pun telah ditonton lebih dari 3,6 juta. Dalam captionnya, Presiden Joko Widodo menuliskan judul Pradesain Istana Negara.

Joko Widodo atau Jokowi memulainya dengan menuliskan pada tahun lalu, Kementrian PUPR telah mengundang beberapa arsitek dan seniman guna memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru tersebut.

"Sejumlah usulan pun masuk," tulis Jokowi.

Baca Juga: KLHK Pastikan IKN di Kaltim Tidak Ganggu Kawasan Hutan Lindung

Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Namun Presiden Joko Widodo menegaskan jika usulan ini tersebut masih pradesain.

"Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa," tulis Jokowi.

Dengan masukan-masukan semuannya, nanti Jokowi akan mengundang kembali para arsitektur dan para ahli lainnya guna melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara.

Unggahan Presiden Jokowi ini kemudian dikomentari banyak netizen. Banyak netizen yang memuji namun tidak sedikit mengusulkan agar pradesain dibuatkan sayembara, meski hadiahnya hanya sebuah sepeda.

Baca Juga: Menteri LHK Kunjungi Calon IKN di Kaltim, Paparkan Konsep Green Smart City

Desain Ibu Kota Negara (IKN) baru ini memang sempat dikritik oleh lima lembaga asosiasi arsitektur. Mereka menilai perlu ada perubahan pada desain burung garuda agar mampu memperlihatkan kemajuan peradaban.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait