facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Merasa Terlalu Kurus? 7 Asupan Ini Bantu Tingkatkan Berat Badan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Sabtu, 29 Mei 2021 | 08:05 WIB

Merasa Terlalu Kurus? 7 Asupan Ini Bantu Tingkatkan Berat Badan
Buah ceri (shutterstock)

Apa saja makanan yang bisa membantu menaikkan berat badan?

SuaraKaltim.id - Banyak orang mengalami kesulitan karena kelebihan berat badan. DI sisi lain, ada juga yang berat badannya justru kurang sehingga juga rentan terhadap beragai masalah kesehatan

Dilansir dari Healthshots, orang dengan kondisi kesehatan tertentu bisa kesulitan meningkatkan berat badan. Penderita hipertiroidisme cenderung punya metabolisme terlalu aktif dan bisa membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Tanpa perawatan yang tepat, seseorang tak dapat menambah berat badan, bahkan meski asupan makanan sudah ditingkatkan. 

Diabetes tipe 1 juga menyebabkan gula darah menjadi tidak normal yang selanjutnya dikeluarkan melalui urin. Pelepasan glukosa berlebih ini bisa memicu penurunan berat badan yang tak disengaja.

Kondisi lain seperti kolitis ulserativa juga tak memungkinkan bagi kebanyakan orang untuk menambah berat badan. Adanya gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia nervosa merupakan penyebab penting lainnya.

Baca Juga: Suntik Vaksin Covid-19, Orang dengan Masalah Kesehatan Ini Harus Hati-Hati

Dalam hal ini, Kanchan Patwardhan, ahli diet dan ahli gizi klinis, serta pendiri Rumah Kesehatan dan Nutrisi Kanchan mengungkapkan sejumlah jenis makanan yang bisa menambah berat badan, yakni:

Ilustrasi keju cheddar. [Shuttestock]
Ilustrasi keju cheddar. [Shuttestock]

Keju

Bahan makanan ini mengandung lemak dan kalori yang bekerja dengan baik dalam penambahan berat badan yang sehat.

Beras

Nasi putih atau merah sarat kandungan karbohidrat. Menambahkan kentang dan ubi jalar juga bisa membantu menambah berat badan.

Baca Juga: Ahli: Pandemi Benar-benar Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Jiwa

Susu

Susu mengandung mineral esensial, vitamin, dan kalsium. Kandungan tersebut bisa membantu membangun otot dan menambah berat badan. Susu akan meningkatkan kekuatan otot Anda.

Roti gandum utuh

Biji-bijian utuh merupakan sumber karbohidrat untuk menambah berat badan. Karbohidrat sangat penting. Roti gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang bisa sangat membantu. Mereka yang tengah menjalani diet untuk menurunkan berat badan disarankan menahan diri dari makanan ini.

Ceri dan apel kering

Dua buah ini kaya akan nutrisi dan mengandung kalori yang cocok untuk menambah berat badan. Itulah mengapa penting untuk memasukkan banyak apel ke dalam makanan Anda. Untuk hasil yang lebih baik, makanlah di pagi hari.

Alpukat

Soal lemak sehat, alpukat adalah yang terbaik. Alpukat dikemas dengan kalori yang sehat dan bisa membantu meningkatkan berat badan dalam waktu singkat.

Telur

Telur juga termasuk makanan dengan kandungan lemak sehat dan protein yang dibutuhkan untuk menambah berat badan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait