facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keutamaan Doa Qunut, Lengkap dengan Tulisan Latin dan Terjemahannya

Chandra Iswinarno Kamis, 08 Juli 2021 | 21:00 WIB

Keutamaan Doa Qunut, Lengkap dengan Tulisan Latin dan Terjemahannya
Ilustrasi salat berjemaah di masjid. [Antara]

Dalam menunaikan Salat Subuh secara berjemaah di sejumlah musala dan masjid di Indonesia, biasanya juga ditambahkan juga doa qunut pada rakaat kedua, setelah rukuk.

SuaraKaltim.id - Dalam menunaikan Salat Subuh secara berjemaah di sejumlah musala dan masjid di Indonesia, biasanya juga ditambahkan juga doa qunut pada rakaat kedua, setelah rukuk.

Doa qunut sendiri ternyata memiliki banyak manfaat bagi yang membacanya dengan penuh keikhlasan dan kekhusyukan.

Dalam beberapa, referensi yang dihimpun Suara.com, Doa qunut juga memiliki keutamaan dan manfaatnya, yakni:

Memberikan Petunjuk

Baca Juga: Bacaan Latin Doa Qunut Lengkap dengan Terjemahan

Pada bacaan doa qunut, ada doa yang bunyinya Allahummahdinii fii man hadaiit yang memiliki makna suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk.

Kalimat atau lafadz tersebut bisa dianggap sebagai kata-kata tawasul, yaitu kata-kata yang mengartikan adanya suatu nikmat hidayah sama halnya seperti Allah SWT mengasihkan hidayah untuk seluruh hamba-Nya.

Memberikan Perlindungan

Terdapat kalimat di dalam doa qunut Wa’aafinii fii man ‘afaiit yang mempunyai arti “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan”.

Kata-kata tersebut menguatkan sebuah arti bahwa Allah SWT memberikan perlindungan kepada hamba-Nya dengan mengasih keselamatan untuk hamba-Nya yang memohon.

Baca Juga: Doa untuk Palestina: Doa Qunut Nazilah, Bacaan Latin dan Artinya

Perlindungan yang diberikan oleh Allah SWT untuk hamba-Nya tidak hanya perlindungan dan keselamatan di dunia saja, namun juga keselamatan untuk di akhirat kelak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait