facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Setelah Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Balsam Gratis Selama Dua Minggu

Chandra Iswinarno Rabu, 25 Agustus 2021 | 16:25 WIB

Setelah Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Balsam Gratis Selama Dua Minggu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Tol Balikpapan-Samarinda pada Selasa (24/8/2021). [Biro Setpres]

Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) digratiskan oleh pemerintah. Bagi warga yang akan menggunakan tol tersebut, pemerintah tidak menarik biaya tol hingga dua minggu mendatang.

SuaraKaltim.id - Terhitung mulai Rabu (25/8/2021), Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) digratiskan oleh pemerintah. Bagi warga yang akan menggunakan tol tersebut, pemerintah tidak menarik biaya tol hingga dua minggu mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat peresmian tol tersebut pada Selasa (24/8/2021).

“Insya Allah, sejak pukul 02.00 dini hari nanti (Rabu (25/8/2021) dibuka untuk umum dan selama 2 pekan digratiskan,” katanya seperti dikutip dari akun Instagram Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), @pemprov_kaltim.

Sebelumnya, peresmian Tol Seksi I dan V atau lebih dikenal Tol Samboja-Balikpapan berlangsung singkat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Absah! Peresmian Tol Balsam Seksi I dan V, Jokowi: Capaian yang Patut Disyukuri!

Setiba di lokasi, Jokowi mendapat penjelasan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seputar pembangunan Tol yang sudah dibangun sejak tahun 2009.

Bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Kaltim Isran Noor, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Presiden Jokowi menekan tombol sirine menandakan peresmian tol yang bisa memberikan dampak banyak bagi daerah dan masyarakat sudah bisa dilewati.

Untuk diketahui, Tol Balikpapan-Samarinda dibangun sejak tahun 2009, kemudian sesuai Perpres RI Nomor 3 Tahun 2016 termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Tol yang diharapkan bisa memudahkan masyarakat beraktivitas ini memiliki panjang 97,99 Kilometer.

Terdiri dari, Seksi I Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi II Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi III Muara Jawa-Palaran (17,30 km), Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 km) dan Seksi V ruas Sepinggan-Balikpapan Km 13 (11,09 km).

Baca Juga: Persoalan Ganti Rugi Tanah Tol Balsam Seksi V, Herman Hidayat: Bukan Tanggungjawab BPN

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi mengakui jika Tol Balsam merupakan tol yang kali pertama dimiliki Pulau Kalimantan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait