alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ahli: 3 Anti Virus untuk Covid-19 Tengah Diuji Cobakan

Denada S Putri Sabtu, 25 September 2021 | 15:57 WIB

Ahli: 3 Anti Virus untuk Covid-19 Tengah Diuji Cobakan
Ilustrasi Covid-19. (Andrea Piacquadio/Pexels)

Hasilnya diharapkan keluar pada musim dingin.

SuaraKaltim.id - Pil anti-virus akan segera diuji cobakan pada beberapa peserta penelitian. Para ahli mengatakan, pil untuk Covid-19 mungkin akan segera hadir.

Antivirus telah dipakai buat mengobati infeksi lain seperti HIV dan Hepatitis C. Salah satu yang paling terkenal adalah Tamiflu, pil yang digunakan untuk mempersingkat durasi gejala flu dan mengurangi risiko rawat inap pasien.

Melansir dari Suara.com, pil anti-virus bekerja dalam berbagai cara yang berbeda, tergantung pada macamnya. Namun, mereka bisa direkayasa untuk menumbuhkan sistem ketahanan tubuh untuk menangkis infeksi. 

Obat anti-virus juga dipercaya bisa meblokade reseptor hingga virus tak mampu masuk ke sel sehat, serta mengurangi jumlah virus aktif yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Bisa Menambah Jumlah Lansia yang Alami Demensia

Setidaknya tiga anti-virus yang menjanjikan untuk Covid-19 saat ini sedang diuji dan hasilnya diharapkan keluar pada musim dingin.

Salah satu kandidat anti-virus oral ini adalah obat dari Merck & Co dan Ridgeback Biotherapeutics yang disebut molnupiravir. Dua lainnya termasuk satu yang dibuat oleh Pfizer, yang dikenal sebagai PF-07321332 dan AT-527, kandidat yang diproduksi oleh Roche dan Atea Pharmaceuticals.

Antivirus bekerja dengan mengganggu kemampuan virus untuk bereplikasi dalam sel manusia. Hal ini yang kemudian akan mengurangi viral load pasien dan mempersingkat waktu infeksi.

“Pikirkan tentang itu, kamu bisa memberikan pil kepada semua orang di rumah atau semua orang di sekolah. Kemudian kita berbicara tentang kembali ke kehidupan normal,” ujar Dr Elizabeth Duke, rekan peneliti Fred Hutch yang mengawasi uji coba molnupiravir.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman: Hadapi Covid Tak Perlu Lagi Panik

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait