alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

DPRD Samarinda Dorong Pemkot Bangun Pabrik Sampah di TPA Sambutan: Sampah Banyak Manfaat

Denada S Putri Kamis, 30 September 2021 | 08:19 WIB

DPRD Samarinda Dorong Pemkot Bangun Pabrik Sampah di TPA Sambutan: Sampah Banyak Manfaat
TPA Sambutan Samarinda. [Dokumen/ppid.samarinda.go.id]

Ia menilai, rencana pembangunan pabrik di TPA termasuk langkah yang tepat dilakukan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

SuaraKaltim.id - Pemkot Samarinda rencananya akan membangun pabrik daur ulang sampah plastik dan karet/ Pembangunan itu akan dilakukan di tempat pembuangan akhir (TPA) Sambutan.

Wacana tersebut disambut baik oleh para legislator Kota Tepian, salah satunya Muhammad Novan Syahroni Pasie. Ia mengatakan perencanaan pembangunan pabrik sangat layah dilakukan di TPA Sambutan.

“Kami mendorong agar rencana tersebut dilaksanakan, sehingga sampah-sampah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan kembali,” ungkapnya dikutip dari kaltimtoday.co--Jaringan Suara.com, Kamis (30/9/2021).

Ia menilai, rencana pembangunan pabrik di TPA termasuk langkah yang tepat dilakukan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Baca Juga: Warganya Banyak Beli Makanan Kemasan, Selama Pandemi Volume Sampah di Balikpapan Meningkat

Pasalnya, Samarinda termasuk wilayah yang luas dan  penduduknya sangat padat, otomatis setiap hari menghasilkan sampah berton-ton.

“Dari pada sampah itu dibuang saja, dan sebagian dikirim ke Jawa lebih baik kelola sendiri,” ujarnya.

Menurut Politisi Golkar tersebut, selain mengurangi sampah anorganik, daur ulang juga bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD), jika ada pembangunan pabrik di TPA Sambutan.

“Sampah itu banyak manfaatnya, salah satunya mendaur ulang plastik dan bahkan pakaian juga dihasilkan oleh sampah plastik,” katanya.

Diketahui, Pemkot Samarinda bakal menggaet pihak ketiga untuk mengelolah pabrik plastik di TPA Sambutan. Adapun perusahaan yang akan digaet pemkot adalah Biodas Manajemen asal Australia yang saat ini juga sedang mengolah sampah di Provinsi NTB.

Baca Juga: Bapak Ini Ambil Makanan Sisa di Tong Sampah, Warganet Merasa Tertampar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait