alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Longsor di PT Kaltim Batu Manunggal, Dua Pekerja Tambang Hilang Tertimbun

Denada S Putri Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:50 WIB

Longsor di PT Kaltim Batu Manunggal, Dua Pekerja Tambang Hilang Tertimbun
Tim Basarnas Samarinda dibantu juga oleh pihak Polsek Batuah serta tim dari PT KBM untuk mencari Sugiharto dan Paiman. [Istimewa]

Basarnas dibantu juga oleh pihak Polsek Batuah serta tim dari PT KBM untuk mengevakuasi Sugiharto dan Paiman.

SuaraKaltim.id - Dua orang karyawan PT Kaltim Batu Manunggal (KBM) yang berada di site KBM, Desa Air Panas, Kelurahan Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kertanegara (Kukar) terseret longsor hingga masuk ke dalam lubang tambang. Pada hari Minggu (24/10/2021).

Kedua korban tersebut merupakan Kepala Teknik Tambang (KTT), Sugiharto (50) warga Jalan Monas, Loa bakung, serta Konsultan Engginering, Paiman (48) warga Dusun Tani RT 42.

Diketahui kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 Wita subuh tadi, Sugiharto dan Paiman sedang di dalam mobil untuk memantau para pekerja.

Pada saat di dalam mobil, keduanya tidak sadar bahwa lokasi kolam tambang yang penuh tiba-tiba tumpah. Kemudian, longsor pun langsung menerjang jalan serta mobil yang digunakan Sugiharto dan Paiman.

Baca Juga: Solar Langka di Samarinda, Diduga Akibat Tersuplai ke Tambang Ilegal

Keduanya tak sempat menyelamatkan diri saat longsor itu terjadi. Pasalnya, kejadian longsor sangat cepat dan akhirnya Sugiharto dan Paiman menghilang.

Sementara itu, Kepala kantor pencarian dan pertolongan kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta mengatakan pihaknya mendapatkan laporan bahwa adanya kejadian longsor di PT KBM, dari salah satu kepala HR PT KBM, Yusdi.

"Laporan itu kami dapat sekitar pukul 09.00 Wita dari salah kepal HR PT KBM. Kemudian, kami langsung menindaklanjuti laporan tersebut," ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan seluler, Minggu (24/10/2021).

Menindaklanjuti laporan tersebut, ia bersama timnnya langsung mempersiapkan alat utama SAR,  dan sekitar pukul 09.45 Wita pihaknya langsung bergegas menuju lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Estimasi menuju TKP sekitar 2 Jam," tambahnya.

Baca Juga: Tambang Pasir PT Gunung Mario Longsor, Dua Warga Bintan Tewas

Ada pun unsur bantuan lainnya, Basarnas dibantu juga oleh pihak Polsek Batuah serta tim dari PT KBM.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait