facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peringatan untuk Warga Kaltim, Waspadai Hujan Lebat dan Petir Dalam 2 Hari Ini

Denada S Putri Rabu, 29 Desember 2021 | 07:30 WIB

Peringatan untuk Warga Kaltim, Waspadai Hujan Lebat dan Petir Dalam 2 Hari Ini
Ilustrasi hujan lebat [shutterstock]

"Langsung kami bagikan via medsos."

SuaraKaltim.id - Imbauan kembali diberikan kepada warga Kaltim terkait waspada hujan lebat dan petir yang diperkirakan akan terjadi pada Rabu (29/12/2021) dan Kamis (30/12/2021). Tak hanya itu, dampak dari terjadinya hujan lebat tersebut bisa banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya.

Hal itu disampaikan Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida. Dia mengatakan, peringatan dini berupa kewaspadaan terhadap cuaca sudah disampaikan ke kabupaten dan kota.

"Sebagai langkah antisipasi," ujarnya, melansir dari ANTARA, Rabu (29/12/2021)..

Sejumlah kawasan yang diprakirakan hujan lebat hingga hujan petir tersebut antara lain di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), meliputi Kecamatan Penajam, Babulu, Sepaku, dan Kecamatan Waru.

Baca Juga: Melanggar Kode Etik, 13 Anggota Polda Kaltim Diberhentikan Dengan Tidak Hormat

Rinciannya adalah di Kecamatan Penajam hujan lebat diprakirakan terjadi pada Rabu, pukul 11.00 Wita, sementara hujan petir terjadi pada pukul 14.00 Wita.

Kemudian di hari yang sama pada pukul 11.00 Wita, hujan lebat diprakirakan terjadi di Kecamatan Babulu, Sepaku, dan Kecamatan Waru.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU Nurlaila, langsung menindaklanjuti peringatan dini tersebut via sejumlah media sosial (Medsos), sebagai langkah antisipasi untuk kewaspadaan masyarakat.

"Peringatan dini dari BMKG yang disampaikan oleh Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan ini langsung kami bagikan via medsos, termasuk ke sejumlah WA Grup. Dari sini, anggota grup pun diharapkan membagikan ke grup lainnya agar semua pihak saling waspada," ucapnya.

Selain di Kabupaten PPU, kata Diyan Novrida, hujan lebat juga diprakirakan terjadi di Kota Balikpapan pada Rabu, pukul 11.00 Wita, meliputi Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Baca Juga: BPBD Lebak Minta Warga Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Kemudian pada hari dan jam yang sama hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di Kabupaten Paser yang meliputi Kecamatan Tanah Grogot, Batu Sopang, Muara Komam, Batu Engau, Kuaro, Long Ikis, Long Kali, Paser Belengkong, dan Kecamatan Tanjung Harapan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait