facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Komitmen Perkuat Pengembangan Desa Wisata, Ini yang Dilakukan Dispar Kaltim

Denada S Putri Jum'at, 18 Maret 2022 | 11:00 WIB

Komitmen Perkuat Pengembangan Desa Wisata, Ini yang Dilakukan Dispar Kaltim
Desa Wisata Pela, Surga Pesut di Kaltim. [Istimewa]

"Wisata domestik menjadi pilihan utama wisatawan untuk berkunjung, sekaligus..."

SuaraKaltim.id - Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Dispar Kaltim) berkomitmen memperkuat pengembangan desa wisata dalam upaya untuk menggairahkan kembali kunjungan wisatawan ke wilayah Kaltim.

Kepala Dispar Kaltim Sri Wahyuni menyebutkan, komitmen itu diperkuat dengan pengembangan desa wisata termasuk memprogramkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam bentuk pelatihan maupun sertifikasi.

"Wisata domestik menjadi pilihan utama wisatawan untuk berkunjung, sekaligus peluang baik untuk segera menyiapkan diri," katanya, melansir dari ANTARA, Jumat (18/3/2022).

Dia melanjutkan, selain mempersiapkan diri untuk menyambut kunjungan wisatawan, peningkatan pelayanan dan diversifikasi atraksi wisata masing-masing daerah perlu menjadi perhatian. Sektor pariwisata adalah sektor jasa menurutnya, maka pelayanan menjadi motor utama untuk mencapai keberhasilan pengembangan dan pembangunannya.

Baca Juga: PPKM Level 4, Dispar Sleman Pastikan Pariwisata Tetap Jalan Hanya Dibatasi 25 Persen

Dia mengungkapkan, dalam bidang pemasaran Dispar mencatat bahwa kebutuhan data dan dukungan pemahaman bahwa pariwisata tidak hanya menghasilkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD). Tetapi jauh lebih penting baginya, bagaimana pariwisata bisa memberikan multiplier effect kepada masyarakat.

"Karena dampak yang diterima masyarakat secara langsung adalah mendapatkan manfaatnya,” paparnya.

Perhitungan dampak ekonomi terhadap masyarakat dapat dihitung melalui sebuah sistem perhitungan dari BPS, yang disebut dengan Neraca Satelit Pariwisata Daerah (Nesparda). Sehingga, tidak ada keraguan untuk memberikan dukungan bagi pengembangan pariwisata.

“Pariwisata akan berkontribusi pada PAD melalui pajak hotel, pajak restoran maupun tempat hiburan. Tetapi jauh lebih penting dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat yang bekerja secara langsung maupun tidak langsung di sektor pariwisata,” tandasnya.

Baca Juga: Ini yang Bikin Sandiaga Uno Kepincut oleh Desa Cisaat

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait