facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Awan Menyerupai Ombak Terlihat di Kukar, Kata BMKG Ternyata Karena Ini

Denada S Putri Senin, 09 Mei 2022 | 18:45 WIB

Awan Menyerupai Ombak Terlihat di Kukar, Kata BMKG Ternyata Karena Ini
Awan menyerupai ombak muncul di Kukar. [Instagram/@info_kukar]

Biasanya apabila kondisi atmosfernya tidak stabil seperti perubahan kondisi yang..."

SuaraKaltim.id - Warga Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) dihebohkan dengan adanya fenomena alam berupa awan hitam yang menyerupai ombak. Pada hari Minggu (8/5/2022) kemaren.

Dalam video berdurasi 15 detik yang diunggah oleh salah satu akun Instagram @info_kukar, terlihat awan tersebut berjalan layaknya deburan ombak.

Menanggapi fenomena itu, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Kota Samarinda, Riza Arian Noor menuturkan, fenomena awan yang menyerupai ombak ini merupakan hal yang biasa saja. Namun jarang terjadi.

Ia menjelaskan, awan tersebut bernama awan Arcus. Awan Arcus adalah jenis awan rendah, panjang dan tipis. Biasanya, menyerupai ombak dan terlihat di bawah awan Cumulonimbus.

Baca Juga: Fenomena Awan di Karangsem Ini Disebut Mirip Orang Sembahyang

“Dan awan ini terbentuk karena ketidakstabilan atmosfer sepanjang atau di pertemuan massa udara dingin yang mendorong massa udara hangat dan lembab,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan seluler, Senin (9/5/2022).

Selain itu, Ia juga menjelaskan, biasanya fenomena awan ombak terjadi pada saat peralihan musim hujan ke musim kemarau.

“Biasanya apabila kondisi atmosfernya tidak stabil seperti perubahan kondisi yang sangat panas terus tiba-tiba hujan,” jelasnya.

“Semisal, seperti kondisi kemaren biasanya juga disertai fenomena angin kencang dan hujan cukup lebat,” sambungnya.

Kendati itu, ia menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik jika terjadi awan Arcus. Namun, dirinya meminta kepada masyarakat jika melihat kondisi cuaca cerah namun pada sore hari tiba-tiba awan gelap langsung segera waspada.

Baca Juga: H-1 Idul Fitri, Gunung Semeru Meletus Keluarkan Awan Panas Sejauh 3,5 Km

“Karena biasanya akan terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang. Jadi masyarakat harus menghindari tempat-tempat yang berisiko seperti dekat pohon besar atau bangunan tidak kokoh,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait