facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

IKN Nusantara Bakal Punya 2 Terminal Penumpang dan 4 Jalan Tol

Denada S Putri | Mohammad Fadil Djailani Kamis, 19 Mei 2022 | 20:30 WIB

IKN Nusantara Bakal Punya 2 Terminal Penumpang dan 4 Jalan Tol
Gerbang Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). [Inibalikpapan.com]

Tak cuma jalan tol, ada beberapa sistem jaringan jalan yang juga bakal dibangun.

SuaraKaltim.id - Empat ruas jaringan jalan tol di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal dibangun. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam aturan terkait tata ruang untuk kawasan IKN yang baru.

Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Negara 2022-2024, ada kelompok pasal yang mengatur soal sistem jaringan transportasi.

Tak cuma jalan tol, ada beberapa sistem jaringan jalan yang juga bakal dibangun. Di antaranya, jalan umum, jalan khusus, terminal penumpang, terminal barang, jembatan timbang, serta jembatan.

Mengutip dari Perpres 64 tahun 2022 Pasal 36, Kamis (19/5/2022) terdapat sekitar 4 jalan tol yang direncanakan dibangun di sekitar IKN. Yakni,Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) KM I l-Junction Pulau Balang; Jalan Tol Bandar Udara Sepinggan-Jalan Tol Balsam; Jalan Tol Bandar Udara VVlP-Outer Ringroad KIPP; dan Jalan Tol Junction Pulau Balang-KIPP IKN.

Baca Juga: Hati-hati Ada Perbaikan Jalan Tol Bakter, Satu Jalur Ditutup

Tak hanya jalan tol, masih dalam jaringan jalan angkutan darat di IKN, juga bakal dibuat 2 terminal penumpang. Hal itu dijelaskan pada pasal 37.

Mulai dari Terminal penumpang tipe A pada Wilayah Perencanaan (WP) IKN Timur I di Kecamatan Sepaku dan terminal penumpang tipe B pada WP KIPP di Kecamatan Sepaku dan pada WP Simpang Samboja di Kecamatan Samboja.

Pemerintah juga bakal membangun Terminal Barang di WP Simpang Samboja di Kecamatan Samboja. Ada juga fasilitas jembatan timbang juga di WP Simpang Samboja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait