facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemindahan IKN, Kemnaker Minta Lahan 5 Hektar ke Pemkab PPU, Untuk Apa?

Denada S Putri Senin, 13 Juni 2022 | 07:32 WIB

Pemindahan IKN, Kemnaker Minta Lahan 5 Hektar ke Pemkab PPU, Untuk Apa?
IKN Nusantara. [Istimewa]

Menurutnya, Pemkab PPU menyiapkan lahan sekitar 8,5 hektare. Agar, bisa sama dengan...."

SuaraKaltim.id - Seiring pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia ke Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) siap membangun balai latihan kerja (BLK) di wilayah tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) PPU, Suhardi. Ia menyebut Kemnaker memiliki alasan tersendiri untuk membangun BLK di Benuo Taka.

"Kemnaker membangun BLK sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)," ujarnya, melansir dari ANTARA, Senin (13/6/2022).

Ia melanjutkan, Pemerintah Pusat serius membangun BLK di PPU karena sebagai upaya meningkatkan SDM untuk menyambut pemindahan IKN baru Indonesia yang bernama Nusantara.

Baca Juga: Lembaga Adat Paser Dorong Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara Segera Terealisasi

Ia membeberkan. Kemnaker meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU untuk menyiapkan lahan minimal 5 hektare sebagai lokasi pembangunan BLK tersebut.

Menurutnya, Pemkab PPU menyiapkan lahan sekitar 8,5 hektare. Agar, bisa sama dengan BLK yang ada di Pemprov Bumi Mulawarman.

Ia menjelaskan, lahan untuk lokasi pembangunan BLK permintaan Kemnaker itu, merupakan lahan milik Pemkab PPU. Letaknya, berada di Kecamatan Babulu.

"Permintaan pemerintah pusat lima hektare, kami siapkan 8,5 hektare dan sedang disertifikasi kemudian dihibahkan kepada Kemnaker," ucapnya.

BLK yang nantinya di bangun di PPU itu, disebut dalam bentuk unit pelaksana teknis pusat (UPTP). Nantinya, BLK tersebut dalam naungan BLK Kota Samarinda.

Baca Juga: Kemnaker Minta ASN Beri Pelayanan Terbaik dan Fokus Kembangkan Inovasi

Soal jurusan dalam BLK, ia menerangkan bakal ditentukan berdasarkan potensi yang ada di PPU. Namun, jurusannya akan direkomendasikan oleh agro industri dan teknologi informatika.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait