facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tingkatkan Perekonomian, Profesi Wirausaha Sangat Penting di Balikpapan, Ini Alasannya

Denada S Putri Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:00 WIB

Tingkatkan Perekonomian, Profesi Wirausaha Sangat Penting di Balikpapan, Ini Alasannya
Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI Imam Gunawan. [Inibalikpapan.com]

Wirausaha mandiri bisnisnya berjalan berkesinambungan tapi mengasilkan profit, juga punya ketangguhan dalam menghadapi perubahan di masa mendatang, akunya.

SuaraKaltim.id - Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian di Kota Balikpapan yakni dengan semakin banyaknya menciptakan para wirausaha. Untuk itu, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menggelar sosialisasi kewirausahan pemuda 2022 di Novotel, Sabtu (18/6/2022).

Salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI Imam Gunawan mengatakan, kegiatan sosialisasi kewirausahaan khususnya dilakukan di Kota Balikpapan amat penting.

Tujuannya, dalam rangka proses untuk menciptakan wirausahwan dan memiliki daya saing yang kreatif dan inovatif.

“Termasuk wirausaha yang tanggung (jawab) mesti dihasilkan dari awal, tujuannya untuk menginformasikan tentang wirausaha sehingga para peserta bisa menjadikan wirausaha pilihan profesi di masa mendatang,” ujarnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com di hari yang sama.

Baca Juga: Menko Airlangga Klaim 30 Persen Penerima Kartu Prakerja Sudah Tidak Menganggur

Ia melanjutkan, seperti kegiatan harus ada sosialisasi. Supaya, yang belum jadi wirausaha itu tahu apa arti wirausaha dan proses yang akan dilalui.

“Wirausaha mandiri bisnisnya berjalan berkesinambungan tapi mengasilkan profit, juga punya ketangguhan dalam menghadapi perubahan di masa mendatang,” akunya.

Katanya, di Kemenpora juga punya lima program prioritas yakni ideologi,penumbuhan wirausaha yang punya kreatifitas, perbaikan manajemen pemerintahan internal, meningkatkan prestasi olahraga, menciptakan budaya olahraga.

“Apalagi Pak Presiden Jokowi ingin menjadikan perkembangam wirausaha itu amat sangat prioritas maka dikeluarkan peraturan presiden nomor 2 tahun 2022, tentang pengembangan kewirausahaan nasional untuk mengkoordinasikan seluruh pihak yang terlibat menjadi satu kegiatan yang fokus pengembangan kewirausahaan,” tandasnya.

Kepala DPOP Kota Balikpapan, Ratih Kusuma. [Inibalikpapan.com]
Kepala DPOP Kota Balikpapan, Ratih Kusuma. [Inibalikpapan.com]

Sementara itu, Kepala DPOP Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan, selain melaksanakan sosialisasi juga dikenalkan aplikasi yang membantu dan mengakomodir wirausaha muda di Balikpapan agar bersinergi lintas sektor.

Baca Juga: Redenominasi Rupiah, Sudah Siapkah Kita?

“Jadi di aplikasi tersebut ada untuk informasi promosi dan pemasaran dan kunsultasi dan bersinergi dengan Dinas perizinan untuk izin mereka, dan DKUMKMP terkait branding dan kepasaran dan Diskominfo terkait bagaimana menyampaian dalam informasi tersebut,” tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait