facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Intip Rumah BUMN Kukar yang Jadi Lokasi Posko Siaga Tanggap Bencana Nasional

Denada S Putri Kamis, 30 Juni 2022 | 17:10 WIB

Intip Rumah BUMN Kukar yang Jadi Lokasi Posko Siaga Tanggap Bencana Nasional
Rumah BUMN Kukar. [Inibalikpapan.com]

Lokasi posko dipusatkan di Rumah BUMN Kukar.

SuaraKaltim.id - PLN bersama seluruh BUMN di Kaltim sepakat mengoperasikan Posko Siaga Tanggap Bencana Nasional di Kutai Kartanegara (Kukar).

Posko siaga ini bertujuan sebagai pusat penanggulangan dan mitigasi bencana kedepannya. Lokasi posko dipusatkan di Rumah BUMN Kukar.

Dijelaskan oleh Senior Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltim – Kaltara (UIW Kaltimra), Efron L. Gaol, keberadaan Satgas Siaga bencana BUMN merupakan wujud nyata hadirnya BUMN di tengah masyarakat.

Selain itu, keberadaan Rumah BUMN sangat strategis sebagai wadah BUMN untuk saling berkoordinasi.

Baca Juga: Angin Kencang Landa Pidie, Atap Rumah Rusak-Tiang Listrik Tumbang

“Sebagai penugasan dari Kementrian BUMN, PLN mengelola 28 Rumah BUMN yang bisa dijadikan wadah bersama, mulai dari mengembangkan UMKM, Co-Working Space, Basecamp Milenials BUMN dan terakhir sebagai pusat kegiatan Satgas Bencana BUMN untuk memitigasi dan penanggulangan awal saat terjadi bencana," jelasnya, melansir dari Inibalikpapan.com--Jaringan Suara.com, Kamis (30/6/2022).

Melalui posko siaga ini, diharapkan seluruh BUMN dapat terlibat aktif untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dalam penanggulangan bencana dan penyaluran bantuan ke lokasi bencana.

Posko ini juga dapat difungsikan sebagai titik kumpul, agar informasi Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dapat dilakukan satu pintu, sehingga bisa terdeliver langsung ke seluruh BUMN.

Dioperasikannya posko ini sekaligus juga untuk mengantisipasi bantuan yang menumpuk, berulang dan tidak terdistribusi sebagaimana mestinya.

Pasalnya, dalam kondisi darurat bencana selama ini perusahaan akan bergerak masing-masing untuk menyalurkan bantuan, sehingga tidak terkoordinir.

Baca Juga: 7 Tips Menabung Untuk Rumah Tangga Bunda

“Dengan adanya Satgas, distribusi bantuan kepada masyarakat jadi lebih terorganisir sehingga penumpukan bantuan bisa diminimalisir. BUMN harus bergerak bersama untuk memetakan kebutuhan korban bencana," lanjutnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait