Sambut Pemilu 2024, Pemprov Kaltim Kejar Pendataan Kaum Disabilitas

Perekaman data nanti dilakukan di masing-masing Disdukcapil.

Denada S Putri
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 08:30 WIB
Sambut Pemilu 2024, Pemprov Kaltim Kejar Pendataan Kaum Disabilitas
Pemprov Kaltim gelar program gerakan bersama pelayanan administrasi kependudukan bagi penyandang disabilitas di Provinsi & Kabupaten/Kota Se-Kalimantan, Kamis (11/8/2022) di Hotel Grand Jatra Balikpapan. [Suara.com/Arif Fadillah]

SuaraKaltim.id - Selayaknya warga negara, kaum penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan publik. Mulai dari pelayanan kesehatan, pendidikan, hingga tenaga kerja. Mereka juga mempunyai hak suara saat Pemilihan Umum berlangsung. 

Maka dari itu Pemerintah Provinsi Kaltim tengah berupaya untuk melakukan pendataan kaum penyandang disabilitas. Salah satunya dengan menggelar program gerakan bersama pelayanan administrasi kependudukan bagi penyandang disabilitas di Provinsi & Kabupaten/Kota Se-Kalimantan, Kamis (11/8/2022) di Hotel Grand Jatra Balikpapan. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Soryalita menjelaskan kegiatan itu dilakukan demi memberikan ruang publik yang mesti didapatkan penyandang disabilitas. Terutama menyambut Pemilu 2024

"Karena misi utama Gubernur yaitu disabilitas. Ini imbauan dari Dirjen Dukcapil. Sehingga nanti untuk menjelang Pemilu 2024 mereka punya hak suara. Tidak ada diskriminasi terhadap penyandang disabilitas," kata Noryani. 

Baca Juga:Analis: Waspadai Munculnya Politik Identitas Bernuansa SARA di Pemilu 2024

Ditambahkan Noryani nantinya perekaman data nanti dilakukan di masing-masing Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten/kota di Kaltim. Mengingat saat ini berdasarkan data yang didapat DKP3A Kaltim masih ada penyandang disabilitas yang enggan didata dengan beragam alasan. Mulai dari malu hingga kesulitan untuk pergi ke kantor layanan Disdukcapil. 

"Ada yang malu, ada yang merasa tidak perlu. Merasa mending di rumah saja tidak kemana-mana. Padahal mereka punya hak akses untuk BPJS, Pemilu termasuk. Makanya kita beri edukasi masyarakat untuk segera mendukung kaum disabilitas untuk pendataan," tambah Noryani. 

Noryani pun mengimbau kepada penyandang disabilitas untuk tidak perlu khawatir terkait pendataan hingga perekaman data. Lantaran masing-masing Disdukcapil akan menjemput bola dengan memanfaatkan layanan mobile yang didukung langsung Pemprov Kaltim

"Salah satu support kami memberikan layanan perekaman ke seluruh kabupaten/kota. Termasuk mobil keliling. Sudah ada delapan kabupaten/kota kita dukung dengan memberikan anjungan Dukcapil Mandiri. Tinggal Mahulu dan Kutim," ujarnya. 

Sementara itu Pj.Sekretaris Provinsi Kaltim Indra Riza Riadi penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya. Bahkan saat ini di Pemprov Kaltim membuka porsi ASN khusus disabilitas sebanyak 2 persen. Bahkan di perusahaan swasta mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. 

Baca Juga:Optimis Lolos ke Senayan pada 2024, Partai Buruh Bidik Kursi Bupati dan Wali Kota Bekasi

"Keberadaan kaum disabilitas mesti jadi perhatian bahkan menjadi visi nomor satu di Kaltim. Jadi semua sektor untuk memberikan hak kepada kaum disabilitas. Termasuk penerimaan tenaga kerja untuk mempertimbangkan kaum disabilitas. Juga terkait pendidikan mereka berhak mendapatkan yang sama dengan yang normal," tegasnya. 

News

Terkini

Petani itu dari 50 tahun tidak beranjak kesejahteraannya. Kita ingin petani mengurus pertanian saja, tidak perlu mengurus harga. Kita akan atur itu sehingga Rp100 triliun

News | 18:33 WIB

Korban hilang setelah terseret arus saat berenang di Pantai Lhoknga

News | 17:24 WIB

Udah kere beraninya keroyokan mana sama Orang Tua

News | 16:48 WIB

Tentu kita kecewa dengan hasil ini, karena kita ingin menang, tapi kekalahan memang bisa terjadi dalam pertandingan

News | 13:08 WIB

Larva atau maggot dari lalat hitam jadi bahan utama produksi pelet ikan (pakan ikan)

News | 11:39 WIB

Koordinator CS Hasbi mengatakan, pihak RSUD Taman Husada sudah membayarkan kewajiban mereka.

News | 09:00 WIB

Setiap bulan, ujarnya, harga komoditas tepung terigu terus melambung tinggi.

News | 08:30 WIB

Keterangan awal didapat dari ayah korban. Ayah korban saat itu berada di rumahnya.

News | 08:00 WIB

Aji Erlynyawati mengatakan, alokasi dana BLT itu berdasarkan arahan Menteri Keuangan.

News | 07:30 WIB

Terlihat di video, ada suara seorang wanita yang memanggil para emak-emak untuk naik ke atas panggung buat berjoget.

News | 07:00 WIB

Tingkat kelembapan di Kaltim dimulai dari angka 60 sampai 100 persen.

News | 06:00 WIB

"Karena pandemi Covid-19 masih ditetapkan pemerintah sampai saat ini, bahkan semua kabupaten/kota di Kalsel masih status PPKM level 1," ujar Diauddin.

| 03:20 WIB

Laga Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA berhasil dimenangkan skuad Garuda dengan skor 3-2.

News | 23:25 WIB
Tampilkan lebih banyak