Hadi Mulyadi Sebut Peluang Usaha dan Investasi Terbuka Lebar karena IKN Nusantara

Hadi mengungkapkan, peluang tersebut harus bisa dimaksimalkan oleh para pelaku UMKM lokal.

Denada S Putri
Jum'at, 03 Maret 2023 | 15:30 WIB
Hadi Mulyadi Sebut Peluang Usaha dan Investasi Terbuka Lebar karena IKN Nusantara
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi. [Istimewa]

SuaraKaltim.id - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Wagub Kaltim) Hadi Mulyadi menegaskan, keberadaan dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Bumi Mulawarman jadi peluang investasi dan usaha berbagai sektor, salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Perpindahan IKN Nusantara menjadi peluang usaha bagi pengusaha maupun para pelaku UMKM, karena IKN bisa menjadi salah satu pendorong peningkatan usaha, investasi dan pertumbuhan ekonomi di daerah," katanya, melansir dari ANTARA, Jumat (03/03/2023).

Hadi mengungkapkan, peluang tersebut harus bisa dimaksimalkan oleh para pelaku UMKM lokal. Caranya, dengan menghasilkan produk yang kompetitif dan terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) menjadi lebih berkualitas dan berdaya saing.

"Para pelaku UMKM diharapkan terus meningkatkan kompetensinya, sehingga dapat berkarya dan menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing di pasar global," pesannya.

Baca Juga:DPD Papdesi Kaltim Gelar Musda Hingga Diskusi Kebangsaan dan IKN

Ia mengatakan, dukungan Pemprov Kaltim terhadap pelaku UMKM terus dilakukan. Baik peningkatan kapasitas, maupun sertifikasi kompetensi melalui berbagai pelatihan oleh dinas terkait maupun pihak perbankan di Kaltim.

“Peran perbankan juga dinilai mampu memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat, maupun para pelaku UMKM melalui berbagai program pemberdayaan diantaranya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ujarnya.

Ia menambahkan, Perbankan memiliki banyak hubungan secara langsung dengan masyarakat dalam bidang peningkatan ekonomi. Karena itu sebagai bentuk tanggungjawab sosial kepada masyarakat.

“Penyaluran KUR maupun program pemberdayaan masyarakat oleh perbankan, diharapkan mampu memberikan dampak sosial yang tinggi, seperti meningkatnya kesejahteraan keluarga dan para pelaku UMKM di wilayah Kaltim, diperkotaan maupun pedesaan,” lugasnya.

Baca Juga:Hadirkan Puluhan Produk di Expo UMKM 2023, UKM Sahabat Sandi Cirebon Berikan Akses Pemasaran

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini